artinya bus pariwisata sehabis wisata ke Gunungkidul itu harus turun dulu, kalau ingin wisata ke Mangunan dan sekitarnya
Bantul (ANTARA) - Dinas Perhubungan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan mengarahkan bus pariwisata yang berwisata ke kawasan wisata Mangunan, Dlingo, melalui wilayah Imogiri atau jalur Imogiri-Mangunan untuk keselamatan dan keamanan pada libur Lebaran 2023.

Kepala Dinas Perhubungan Bantul Singgih Riyadi di Bantul, Kamis, mengatakan sudah menggelar rapat koordinasi dengan instansi terkait dalam rangka persiapan menghadapi kepadatan arus lalu lintas selama libur Lebaran 2023, termasuk pada jalur menuju objek wisata Mangunan, Dlingo.

"Sudah dipasangi rambu rambu sebelum Pinus Pengger kalau dari arah utara, artinya bus pariwisata sehabis wisata ke Gunungkidul itu harus turun dulu, kalau ingin wisata ke Mangunan dan sekitarnya, dan diarahkan lewat jalur Imogiri Mangunan," katanya.

Menurut dia, jalur menuju kawasan wisata Mangunan Dlingo ada dua jalur yaitu dari utara melewati simpang tiga Patuk Gunungkidul ke selatan atau Patuk-Dlingo, kemudian dari selatan melewati jalur Imogiri-Mangunan, namun yang direkomendasikan untuk dilewati bus pariwisata, dari Imogiri.

"Itu karena yang dari utara jalannya rusak, intinya untuk keselamatan, kemarin itu masih tarik ulur, namun sementara mau dipasangi portal, kita sepakati dipasangi rambu rambu dilarang melintas, karena jalannya rusak, intinya keselamatan," katanya.

Baca juga: Bantul tindaklanjuti aduan terkait pembayaran THR dari perusahaan

Baca juga: Dishub Bantul sediakan tiga bus cadangan untuk angkutan Lebaran 2023


Dia mengatakan, kendaraan yang tidak dianjurkan bahkan dilarang melintasi jalan Patuk-Dlingo hanya bus pariwisata mengingat jalanan yang rusak juga kondisi medan jalan yang kurang memadai untuk kendaraan besar.

"Yang dilarang untuk bus pariwisata, kalau untuk mobil pribadi bisa, akan tetapi memang harus hati hati. Jadi bus pariwisata diarahkan lewat Imogiri Mangunan, demikian juga kembalinya, lewat Imogiri," katanya.

Lebih lanjut, dia mengatakan, berkaitan dengan pengaturan arus lalu lintas di jalur wisata Mangunan, pihaknya juga berkoordinasi dengan Pemda DIY, dikarenakan jalan tersebut kewenangan atau statusnya jalan provinsi yang ada di Bantul.

"Sehingga kita hanya memasang papan papan imbauan bagi kendaraan untuk turun dengan gigi rendah, kemudian dipastikan kendaraan dalam kondisi aman," katanya.

Baca juga: Bantul peroleh Danais Rp32,6 miliar untuk pemberdayaan masyarakat

Baca juga: Dishub Bantul siapkan posko lalu lintas sebelum-sesudah Lebaran 2023

Pewarta: Hery Sidik
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023