Insya Allah kita sangat mendukung dan hari ini kita juga langsung ikut membantu fasilitas pendukung Museum Rumah Abdullah Muzakkir Walad sebagai pusat edukasi bagi generasi muda
Banda Aceh (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Sandiaga Salahuddin Uno menyatakan sangat mendukung kehadiran wisata sejarah yakni rumah mantan Gubernur Aceh Abdullah Muzakkir Walad yang dijadikan sebagai museum di daerah setempat.

“Insya Allah kita sangat mendukung dan hari ini kita juga langsung ikut membantu fasilitas pendukung Museum Rumah Abdullah Muzakkir Walad sebagai pusat edukasi bagi generasi muda,” kata Sandiaga Uno di Desa Wisata Lubuk Sukon Kecamatan Ingin Jaya, Kabupaten Aceh Besar.

Pernyataan itu disampaikan di sela-sela visitasi Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 Kemenparekraf ke Desa Wisata Lubuk Sukon Kecamatan Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar.

Baca juga: Menparekraf: Tiga kunci sebabkan ekraf bertahan di Sabang-Aceh

Ia menjelaskan rekam jejak dan juga berbagai darma bakti yang telah dilakukan tersebut perlu terus dijaga dan dirawat sebagai sebuah wisata edukasi dan daya tarik bagi wisatawan berkunjung ke desa setempat.

Dalam kunjungan ke rumah mantan Gubernur Aceh dua periode itu, Sandiaga Uno yang turut didampingi Direktur Tata Kelola Destinasi, Indra Ni Tua, Sekdakab Aceh Besar, Sulaimi, Pj Ketua Dekranasda Aceh Besar, Cut Rezky Handayaani, Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi daana Kadisbudpar Aceh Almuniza Kamal mendapat penjelasan terkait kiprah Abdullah Muzakkir Walad.

Abdullah Muzakkir Walad adalah pria kelahiran 20 Agustus 1920 di Gampong Lubuk Sukon Aceh Besar. Di mana rumah kelahiran mantan Gubernur Aceh periode pertama 1968-1973 dan periode kedua dari 1973 sampai 1978 ditabalkan sebagai museum edukasi.

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Wisata Lubuk Sukon Fahry Purnama mengatakan Museum Abdullah Muzakkir Walad mantan Gubernur Aceh tersebut merupakan salah satu bentuk apresiasi kepada duta terbaik Lubuk Sukun yang telah memberikan sumbangsih dalam pembangunan Aceh khususnya.

“Kami juga menyampaikan apresiasi atas kunjungan dan dukungan Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno yang mengunjungi langsung desa kami. Ini akan menjadi semangat bagi kami untuk terus bangkit dan memajukan desa wisata ini,” katanya.

Baca juga: Menparekraf resmikan Desa Iboih sebagai desa wisata terbaik

Pewarta: M Ifdhal
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023