Banda Aceh (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Sandiaga Salahuddin Uno mengajak generasi muda di Provinsi Aceh untuk menciptakan konten-konten kreatif yang mampu meningkatkan omzet penjualan para pelaku ekonomi kreatif(ekraf).

“Konten yang bagus akan mampu meningkatkan penjualan ekraf, dimana saat ini para pelaku UMKM membutuhkan konten-konten yang menarik guna memasarkan produk mereka di era digital ini. Kesempatan ini harus dimanfaatkan oleh anak-anak muda Aceh,” kata Sandiaga Uno di sela-sela pelatihan marketing sosial media untuk generasi muda Aceh di AAC Dayan Dawood Darussalam, Banda Aceh, Kamis.

Ia menjelaskan generasi muda Aceh harus mampu memanfaatkan dunia digital untuk mempromosikan berbagai potensi ekonomi dan produk ekraf serta destinasi wisata yang ada di di seluruh provinsi ini.

“Aceh memiliki potensi yang besar di sektor pariwisata khususnya dan ini harus dimanfaatkan oleh generasi muda Aceh guna memberikan nilai tambah untuk kemajuan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Menurut dia untuk pembuatan konten tersebut agar menarik generasi muda Aceh, harus menyesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan masyarakat seperti konten mengandung unsur pendidikan, komedi, kecantikan, kuliner, perjalanan dan menyentuh hati.

“Saya mengajak generasi muda Aceh untuk mengembangkan sayapnya menjadi wirausaha dengan menghadirkan berbagai konten yang dikemas dengan menarik khususnya di sektor pariwisata dan sumber daya alam guna memberikan nilai tambah untuk daerah dan masyarakat,” katanya.

Ia menambahkan lewat pelatihan yang diberikan tersebut akan mampu melahirkan generasi muda Aceh yang mampu menciptakan konten-konten menarik sehingga mampu meningkatkan pendapatan dan upaya menciptakan lapangan kerja sebanyak 4,4 juta pada tahun 2024 akan terwujud.

Menurut dia pelatihan yang diberikan kepada ratusan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Banda Aceh tersebut sangat tepat sasaran, tepat waktu dan tepat manfaat dalam meningkatkan pemasaran produk lewat media digital.

Sandiaga mengatakan ada tiga sektor pemasaran digital yang dapat dioptimalkan oleh generasi muda Aceh yakni ekonomi kreatif, kesehatan dan ekonomi hijau dan kelautan yang akan menjadi usaha berkelanjutan.

“Mari kita lahirkan konten-konten menarik, cerdas, amanah, bertanggung jawab, jujur dan amanah serta menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat sehingga berbagai produk yang ditawarkan akan mendapat tempat di hati pelanggan,” katannya.

Dalam kegiatan tersebut Sandiaga Uno turut didampingi diantaranya Direktur Tata Kelola Destinasi, Indra Ni Tua, Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi dan Kadisbudpar Aceh Almuniza Kamal.

Pewarta: M Ifdhal
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023