London (ANTARA News) - Serangan dini yang penting dari Sergio Aguero mengantarkan Manchester City mengalahkan Newcastle United 3-1 beberapa menit lalu sekaligus memangkas selisih poin dari pemuncak klasemen Manchester United menjadi tiga poin.

United, yang kemungkinan akan mengubah lagi selisih poin dari City menjadi kembali enam poin saat menjamu klub papan bawah Sunderland, mengemas 39 poin, sedangkan City 36.

Sementara itu. penempat peringkat ketiga Chelsea yang mengoleksi 29 poin, tidak bertanding pekan ini karena tengah berlaga pada Kejuaraan Antarklub Dunia di Jepang, esok Minggu.

City, bangkit setelah mengalami kekecewaan menyakitkan 2-3 dari tim sekota yang menjadi musuh bebuyutannya United dengan menciptakan gol pada menit ke-10 di kandang Newcaslte, St James' Park.

Gelandang asal Pantai Gading Yaya Toure mengecoh barisan pertahanan Newcastle dengan mengirimkan umpan manis kepada Samir Nasri yang lalu mengoperkan lagi bola ke penyerang Aguero untuk membungkam tuan rumah.

Nasri, yang Minggu pekan lalu disebut pelatih Roberto Mancini gagal mengatasi pergerakan Robin van Persie, kali ini tampil cemerlang kendati berada singkat di lapangan.

Playmaker asal Prancis ini hampir saja mencetak gol pada menit 20 setelah Tim Krul terkecoh.  Krull kembali nyaris kebobolan pada menit 37 setelah upaya manis dari Davide Santon.

Dua menit kemudian Javi Garcia mengubah keadaan menjadi 2-0 untuk City setelah pemain asal Spanyol ini terbang menyambut tendangan penjuru dari Santon untuk menjaringkan bola ke gawang City.

City, yang sama sekali tidak memberikan peluang kepada Mario Balotelli yang bahkan tidak ada di bangku cadangan setelah Mancini menyebutnya perlu berlatih lebih banyak lagi, sepertinya mengendalikan permainan sampai kemudian Demba Ba menaikkan semangat Newcastle lewat sundulannya pada enam menit pertama babak kedua yang berbuah gol.

Tapi pada menit 78 serangan dari Toure makin menyamankan City setelah lesakan bol dari Toure yang memanfaatkan umpan silang Pablo Zabaleta berbuah gol dan mengubah kedudukan menjadi 3-1.

Kekalahan ini membuat Newcastle berada di posisi berbahaya karena terancam degradasi mengingat saat ini klub tersebut hanya dua poin di atas zona degradasi dengan hanya mengumpulkan 17 poin dari 17 kali bertanding. Ini jelas meningkatkan tekanan pada manajer Alan Pardew, demikian Reuters. (*)

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2012