Jambi (ANTARA) - Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Jambi menyiagakan ratusan personil dan potensi SAR untuk melaksanakan Siaga SAR Khusus Lebaran tahun ini.

"Seperti tahun sebelumnya pada tahun ini memasuki Hari Raya Idul Fitri 1444 H/2023, bertempat di Lapangan Kantor Pencarian dan Pertolongan Jambi kita menggelar apel siaga SAR dengan melibatkan seratus personil," kata Kepala Kantor Basarnas Jambi Kornelis di Jambi, Jumat.

Apel kesiapsiagaan personil dan peralatan menjelang Hari Raya Idul Fitri, melibatkan seluruh anggota Kwarcab Kota Jambi dan PMI Provinsi Jambi.

Kepala Kantor Basarnas Jambi Kornelis dalam membacakan sambutan dari Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan mengatakan tidak seperti tiga Tahun kemarin, tahun ini pemerintah telah mencabut masa berlakunya PPKM di seluruh Indonesia dan diprediksi jumlah pemudik akan mengalami lonjakan yang signifikan.

"Dengan cukup banyaknya pemudik yang berlibur selama lebaran baik di kampung halamannya, maka potensi terjadinya sesuatu yang tidak diinginkan bisa saja terjadi dimana pun, maka dari itu kami dari Basarnas juga siap membantu khususnya dari segi keahlian kami di bidangnya," katanya.

Basarnas Jambi juga akan melaksanakan siaga mobile di beberapa titik seperti jalan nasional, tempat wisata, terminal, bandara dan juga pelabuhan.

"Kami tidak hanya siagakan personil, Basarnas Jambi juga menyiagakan alat utama seperti RB 310 dan RIB 02 yang berada di perairan Tanjung Jabung Barst, KN 414 yang berada di Sungai Batanghari Kota Jambi, RIB 01 yang berada di Nipah Panjang, rescue car, rescue truck, peralatan medis, evakuasi dan aqua eyes," kata Kornelis.

Pewarta: Nanang Mairiadi
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2023