Soweto, Afrika Selatan (ANTARA) - Sebanyak lebih dari 40 perempuan lansia di Soweto, Afrika Selatan, menjaga kebugaran di usia keemasan mereka dengan melakukan olahraga renang di kolam umum di kota tersebut.

Di sebuah kolam renang umum di Soweto, Afrika Selatan, para warga senior yang masih belajar berenang itu menarik nafas dalam-dalam dan mulai berenang, sesekali memotivasi sesamanya.

Lebih dari 40 nenek-nenek, yang tidak pernah sama sekali mendapat kesempatan untuk belajar berenang, pergi ke kolam renang tiap pekan saat musim panas untuk menghadapi ketakutannya dan meningkatkan kesehatan mereka.
Baca juga: Olahraga jadi tren gaya hidup usai pandemi COVID-19

Sibu Zabane, pelatih renang yang dulunya adalah penyelamat renang, mengadakan kelas itu pertama kali pada tahun 2021, ketika COVID-19 sedang maraknya di Afrika Selatan. Dia melakukannya sebagai upaya agar warga senior di komunitasnya semakin sehat.

Gabashane Molefe (66), ikut berpartisipasi dalam kelas tersebut setelah pensiun dari pekerjaannya.

"Sungguh sebuah tantangan! Saya tidak bisa mengapung, saya tidak bisa bernafas, dan dengkul saya sakit," kata Molefe, yang kini bisa mengapung tanpa alat bantuan.

Sumber: Reuters

Baca juga: Menpora yakin kegiatan olahraga berangsur pulih pada 2022
Baca juga: Maraton Beijing digelar lagi setelah absen dua tahun akibat COVID

Penerjemah: Mecca Yumna
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2023