tidak ada korban jiwa
Palu (ANTARA) -
Polisi mengatakan bangunan Mall City Poso di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah pada Jumat dinihari, rusak akibat tertimpa longsor yang dipicu hujan lebat di wilayah tersebut.
 
"Tidak ada korban jiwa, setelah menerima informasi kami langsung melakukan pengecekan ke lokasi kejadian," kata Kapolres Poso AKBP Riski Fara Sandhy dihubungi dari Palu, Jumat.
 
Ia menjelaskan, longsor yang terjadi pada Jumat sekitar lukul 02.00 WITA tersebut menyebabkan jebolnya dinding mall fan word atau tempat permainan anak, karena posisi bangunan tersebut bersebelahan dengan lereng
 
Dilaporkan, longsor juga menyebabkan kerusakan pada mesin generator, trafo, panel listrik dan kubikel PLN.
 
"Mengakibatkan kerugian materi, dan kami terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait," ujarnya.

Baca juga: BMKG ingatkan tiga daerah di Sulteng siaga dampak hujan lebat
Baca juga: BPBD sebut semua Daerah di Sulteng rawan bencana
Tempat bermain anak di Mall City Poso rusak akibat tertimpa material longsor gunung yang berdekatan dengan pusat perbelanjaan tersebut, Jumat (14/4/2023). ANTARA/HO-Polres Poso
 
Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulteng Andi Sembiring menambahkan, longsor terjadi dipicu intensitas hujan yang cukup tinggi di daerah tersebut membuat daya rekat tanah semakin lemah.
 
"Belum diketahui kebutuhan mendesak akibat peristiwa ini dan kami terus melakukan asesmen serta berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Poso. Tentu peristiwa ini menimbulkan kerugian materi," ucapnya.
 
Akibat peristiwa tersebut, saat ini Mall City Poso ditutup sementara karena bagian bangunan tertentu mengalami kerusakan.

Baca juga: Banjir dan longsor terjang tiga dusun di Kabupaten Sigi Sulteng

Pewarta: Mohamad Ridwan
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023