Jakarta (ANTARA) - Iftar atau berbuka puasa merupakan aktivitas menyantap hidangan oleh Muslim yang dilakukan setelah matahari terbenam selama bulan suci Ramadhan, yang jatuh pada bulan kesembilan dalam kalender Islam.

Selama bulan suci, Masjid Nasional Baitul Mukarram di Dhaka menjadi titik fokus untuk salat dan kegiatan agama lainnya bagi Muslim di ibu kota Bangladesh tersebut.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, masjid agung tersebut mengadakan kegiatan berbuka bersama setiap hari untuk melayani Muslim yang berpuasa, yang menahan makan dan minum dari terbit fajar (subuh) hingga terbenamnya matahari (magrib) selama bulan suci ini.
 
Seorang khadem (panitia) mengatur piring-piring berisi makanan untuk iftar di sebuah masjid di Dhaka, Bangladesh, pada 10 April 2023. (Xinhua)
 
Orang-orang berkumpul untuk berbuka bersama sebelum menunaikan salat berjamaah di Masjid Nasional Baitul Mukarram di Dhaka, Bangladesh pada 10 April 2023. (Xinhua)
 
Orang-orang berkumpul untuk berbuka bersama sebelum menunaikan salat berjamaah di Masjid Nasional Baitul Mukarram di Dhaka, Bangladesh, pada 10 April 2023. (Xinhua
 
Orang-orang berbuka puasa, makan untuk mengakhiri puasa saat matahari terbenam, di Masjid Nasional Baitul Mukarram di Dhaka, Bangladesh pada 10 April 2023. (Xinhua) 

 

Pewarta: Xinhua
Editor: Desi Purnamawati
Copyright © ANTARA 2023