"Yang mana hasil pembahasan tersebut akan menjadi rencana kerja ke depan oleh pemerintah provinsi dan kabupaten/kota,"
Jayapura (ANTARA) -
Pelaksana Harian (Plh) Gubernur Papua Muhammad Ridwan Rumasukun menyebutkan pada Rapat Kerja Daerah (Rakerda) pihaknya membahas enam isu strategis penting dengan para Bupati/Walikota.
 
“Pertama, rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2024. Kedua, persiapan dan pelaksanaan Sail Teluk Cenderawasih 2023. Kemudian ketiga, tantangan pembangunan kesehatan di Papua (stunting, HIV/AIDS dan BPJS),” katanya dalam siaran pers di Jayapura, Jumat (14/4).
 
Menurut Ridwan, sedangkan keempat, pengendalian inflasi daerah. Kelima, pengendalian dan evaluasi pembangunan melalui monitorong maupun evaluasi pelaksanaan program dan kegiatan APBD. Dan keenam, komitmen terhadap hasil Rakerda Provinsi Papua 2022
 
"Yang mana hasil pembahasan tersebut akan menjadi rencana kerja ke depan oleh pemerintah provinsi dan kabupaten/kota," ujarnya.
 
Dia menjelaskan khusus untuk Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) Papua 2024, pihaknya menggarisbawahi agenda kali ini yang dibuat pasca pemekaran DOB di Papua.
 
"Oleh karena itu, pelaksanaan Rakerda yang juga bersamaan dengan Musrenbang 2023 Gubernur dan Bupati/Walikota menjadi penting dan strategis guna membahas isu - isu permasalahan dan menyepakati prioritras pembangunan di 2024," katanya.
 
Dia menambahkan pihaknya berharap isu mengenai percepatan pembangunan dapat disinergikan melalui peningkatan SDM yang difokuskan pada peningkatan kualitas pendidikan, kesehatan, peningkatan perekonomian daerah dan masyarakat berbasis komoditas unggulan masing wilayah.
 
Rapat Kerja Daerah Gubernur bersama Bupati/Walikota serta Musrenbang berlangsung sejak 13-14 April 2023 yang dihadiri oleh Wakil Menteri Dalam Negeri John Wempi Wetipo di Kabupaten Biak Numfor, Papua, pada Kamis (13/4).

Pewarta: Qadri Pratiwi
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023