Berdasarkan data yang kami miliki, 70 persen turis ke Bali karena budayanya,"
Kuta (ANTARA News) - Sekitar 70 persen wisatawan mancanegara yang datang ke Bali karena lebih tertarik pada pesona budaya masyarakat

"Berdasarkan data yang kami miliki, 70 persen turis ke Bali karena budayanya," kata Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali I Ketut Suastika di sela-sela "Table Top and North Sumatera Night" di Kuta, Kabupaten Badung, Minggu malam.

Hal itu membuat potensi budaya menjadi salah satu prioritas pembangunan yang dicanangkan oleh Pemerintah Provinsi Bali.

Dia berharap dengan adanya kegiatan tersebut dapat menciptakan tujuan daerah wisata kembar antara Bali dan Sumatera Utara agar saling memberi keuntungan terutama dalam menunjang perkembangan pariwisata.

"Keuntungan bagi Bali dengan adanya tujuan wisata kembar tersebut dapat mengetahui lebih banyak mengetahui potensi wisata yang ada di Sumatera Utara," ujarnya.

Sementara Sumatera Utara mendapat keuntungan berupa peningkatan jumlah wisatawan asing dan domestik yang berkunjung ke wilayah tersebut.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) Bali Ketut Ardana berharap bahwa melalui kegiatan ini para pelaku industri pariwisata dari kedua provinsi dapat berinteraksi dan saling bertukar informasi.

Acara tersebut diikuti 97 biro perjalanan wisata (BPW) dari Bali, sedangkan dari Sumut mengirim 20 BPW ditambah lima pengelola hotel.

(KR-IGT/M038)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2012