Karawang (ANTARA News) - Sebanyak 36 grup drum band tingkat SD/Madarasah Ibtidaiyah dan SMP/Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, mengikuti Festival Drum Band Bupati Cup IV di lapangan terbuka Gedung Olahraga Panatayudha, Minggu.

Dari 36 grup band yang mengikuti festival itu, sebanyak 18 grup di antaranya merupakan grup band tingkat SD/Madarasah Ibtidaiyah dan sebanyak 18 grup band lainnya dari tingkat SMP/Madrasah Tsanawiyah.

Bupati Karawang Ade Swara menilai, kegiatan Festival Drum Band tersebut mengandung arti penting dalam membina para siswa SD/Madrasah Ibtidaiyah hingga siswa tingkat SMP/Madrasah Tsanawiyah. Sebab terdapat imporisasi dalam pertunjukkan drum band tersebut.

"Drum Band ini adalah perpaduan antara olahraga dan seni. Jadi cukup baik untuk mengembangkan potensi siswa," kata bupati, disela pembukaan Festival Drum Band Bupati Cup IV.

Dikatakannya, saat ini drum band sudah semakin berkembang, dan banyak diminati para siswa, baik di kota-kota besar maupun di daerah.

Atas hal itu, perlu terus dikembangkan potensi siswa yang tergabung dalam grup drum band tersebut. Sehingga ke depannya personel drum band dari mulai tingkat SD/Madrasah Ibtidaiyah atau SMP/Madrasah Tsanawiyah itu menjadi personel drum band yang profesional.

"Semoga dengan kegiatan yang digelar Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Karawang ini, tingkat kreativitas para siswa dapat berkembang. Rencananya, kegiatan Festival Drum Band akan diselenggarakan hingga beberapa tahun ke depan," kata dia.
(KR-MAK/A035)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2012