kami lakukan sebagai bentuk aksi kepedulian sosial. Semoga bantuan ini memberikan manfaat bagi masyarakat
Jakarta (ANTARA) - PT Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) menyelenggarakan Safari Ramadhan 1444 H di beberapa daerah dengan membagikan paket sembako, memberikan santunan ke anak yatim piatu, serta memberikan bantuan peralatan untuk Taman Pendidikan Al Quran (TPQ).

Direktur Utama Jamkrindo Hendro Padmono dalam keterangan resmi di Jakarta, Jumat, menyampaikan Safari Ramadhan merupakan bagian dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) perusahaan.

Menurutnya, kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk komitmen Jamkrindo untuk hadir di tengah-tengah masyarakat, sesuai dengan tema Ramadhan perusahaan tahun 2023 ini yaitu Ramadan Penuh Arti dengan Berbagi.

"Pembagian paket sembako dan santunan yatim piatu merupakan kegiatan rutin yang kami lakukan sebagai bentuk aksi kepedulian sosial. Semoga bantuan ini memberikan manfaat bagi masyarakat," ujar Hendro.

Ia menjelaskan kegiatan dilaksanakan sepanjang Ramadhan di 11 unit kerja Jamkrindo yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia yang meliputi Jakarta, Bekasi, Padang, Palembang, Sumbawa Besar, Balikpapan, Pekalongan, Pontianak, Tasikmalaya, Jayapura dan Banyuwangi.

Baca juga: Jamkrindo Syariah catat laba bersih Rp189,63 miliar pada tahun 2022

Baca juga: Jamkrindo dorong digitalisasi UMKM melalui Jamkrindo Online Surety


Secara nasional, perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bidang penjaminan kredit ini memberikan 7.937 paket sembako gratis, santunan kepada 771 anak yatim dan piatu, serta bantuan peralatan TPQ di 11 masjid.

Ia mencontohkan, dalam kegiatan Safari Ramadhan di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Jamkrindo menyalurkan bantuan ratusan paket sembako gratis, santunan kepada puluhan anak yatim piatu, serta pemberian bantuan peralatan TPQ.

Di Kota Tasikmalaya, bantuan diserahkan secara simbolis oleh Direktur Bisnis Penjaminan PT Jamkrindo Henry Panjaitan kepada Ketua Yayasan Bakti Tunas Husada (Panti Asuhan Amanah) Yayah Syafariah pada 14 April 2023.

Dalam kesempatan tersebut, Yayah menyampaikan terima kasih atas bantuan yang telah diberikan oleh PT Jamkrindo pada Ramadhan 1444 H kali ini.

“Terima kasih kepada Jamkrindo, semoga Jamkrindo semakin sukses dan dapat berkontribusi bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ujar Yayah.

Sebagai perusahaan penjaminan kredit yang tergabung dalam holding Indonesia Financial Group (IFG), pada penjaminan program, Jamkrindo memiliki produk penjaminan KUR dan penjaminan KMK dalam rangka program PEN.

Sementara, untuk non-program, produk penjaminan Jamkrindo adalah penjaminan kredit umum, penjaminan kredit mikro, penjaminan kredit konstruksi dan pengadaan barang/jasa, penjaminan distribusi barang.

Selain itu, juga surety bond, customs bond, penjaminan supply chain financing (invoice financing), dan penjaminan kredit lainnya.

Perseroan mencatatkan laba bersih senilai Rp802 miliar pada kuartal III- 2022, atau meningkat 44,76 persen year on year (yoy) dari sebelumnya Rp554 miliar pada 2021.

Laba bersih perseroan ditopang oleh total pendapatan yang mencapai Rp6,15 triliun pada, yang terdiri dari pendapatan operasional (pendapatan penjaminan dan pendapatan investasi) sebesar Rp5,41 triliun, pendapatan subrogasi bersih Rp641,63 miliar, serta pendapatan lain-lain Rp25,21 miliar.

Baca juga: PT Jamkrindo cepat tanggap kirim bantuan ke Plumpang dan Natuna

Baca juga: PT Jamkrindo tingkatkan pelayanan kepada mitra di daerah

Pewarta: Muhammad Heriyanto
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023