Buntok (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah memberikan sebanyak 1.000 paket bantuan untuk warga terdampak banjir di Kabupaten Barito Selatan (Barsel).

"Pemprov Kalteng menyerahkan bantuan berupa tenda dan paket sembako sebanyak 1.000 paket yang diterima langsung Penjabat Bupati Lisda Arriyana beserta jajaran," kata Plt Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (BPBPK) Kalimantan Tengah Ahmad Toyib dihubungi dari Palangka Raya, Sabtu.

Pemberian bantuan ini diharapkan dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak bencana banjir di Barito Selatan, terutama dalam pemenuhan kebutuhan pangan sehingga tetap tercukupi meski sedang dilanda musibah.

Pemerintah Kabupaten Barito Selatan telah menetapkan status tanggap darurat banjir sejak 5 April 2023 dan berdasarkan data per 14 April 2023, banjir di Barito Selatan masih melanda dua kecamatan dan 12 desa yang terdampak.

Baca juga: BNPB: Banjir di Barito Selatan membuat 15.268 jiwa terdampak

Baca juga: Pemkab Barito Selatan salurkan bantuan korban banjir di enam kecamatan



Adapun tinggi muka air (TMA) centimeter dengan jumlah warga terdampak 5.713 Kepala Keluarga (KK) dengan total 19.628 jiwa. Fasilitas umum yang terdampak di antaranya sarana kesehatan sebanyak empat unit, rumah ibadah 24 unit, sarana pendidikan 14 unit, serta jalan dan jembatan.

Ahmad Toyib menjelaskan, paket bantuan sosial tersebut didistribusikan langsung ke masyarakat yang terdampak banjir setelah sebelumnya berkoordinasi dan dilepas bersama dengan pemerintah kabupaten.

"Dengan ditetapkan status tanggap darurat oleh Pemkab Barito Selatan serta ada permintaan bantuan berupa sarana prasarana dan logistik, Gubernur Kalimantan Tengah menginstruksikan BPBPK segera menyalurkan bantuan, di antaranya berupa tenda dan paket logistik yang dibutuhkan," jelasnya.

Pemkab Barito Selatan mengapresiasi bantuan dan perhatian Pemprov Kalteng serta berharap banjir segera berakhir dan masyarakat dapat kembali beraktivitas secara normal.

Baca juga: Kokam-Banser Kalteng salurkan 10 ribu paket sembako terdampak banjir

Baca juga: BPBD akui sejumlah desa di Barito Selatan masih terendam banjir

 

Pewarta: Muhammad Arif Hidayat
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023