Jakarta (ANTARA) - Beragam berita politik telah diwartakan Kantor Berita Antara, berikut kami rangkum berita pilihan kemarin yang masih layak dibaca kembali sebagai sumber informasi serta referensi untuk mengisi pagi Anda.

Wapres: Sikapi potensi beda penetapan Idul Fitri 2023 dengan toleransi

Wakil Presiden Ma’ruf Amin meminta potensi perbedaan penetapan hari Idul Fitri 2023 disikapi dengan toleransi.

“Yang ditempuh adalah adanya sikap bisa toleransi antara dua kelompok untuk masing-masing, ya Lebaran sesuai dengan keyakinannya, dengan hitungannya. Jadi, bahasa Jawanya legowo,” ujar Wapres di Gorontalo, Jumat, sebagaimana siaran pers yang diterima.

Selengkapnya klik di sini.

Said Aqil minta pemerintah RI dan Tiongkok wujudkan peradaban ekologis

Pimpinan Lembaga Persahabatan Ormas Islam (LPOI) Kiai Said Aqil Siradj mengatakan pihaknya bersama Lembaga Persahabatan Ormas Keagamaan (LPOK) meminta pemerintah Indonesia dan Tiongkok segera mewujudkan pengembangan peradaban ekologis (ecological civilization).

Said Aqil menyampaikannya dalam acara tadarus peradaban dan buka puasa bersama yang dihadiri oleh Duta Besar Republik Rakyat Tiongkok untuk RI Lu Kang di Pondok Pesantren Luhur Al-Tsaqafah, Jakarta Selatan, Jumat.

Selengkapnya klik di sini.

Wapres optimistis KTT ASEAN 2023 berlangsung sukses

Wakil Presiden Ma’ruf Amin optimistis penyelenggaraan KTT ASEAN oleh Indonesia tahun ini akan berlangsung sukses, berkaca pada suksesnya penyelenggaraan KTT G20 tahun lalu.

"Kita sudah punya pengalaman mengadakan KTT G20 dan itu juga pengamanannya ketat, karena itu, pengalaman itu saya kira harus dijadikan modal dalam rangka menghadapi penyelenggaraan KTT ASEAN," jawab Wapres saat ditanya wartawan usai shalat Jumat di Masjid Agung Baiturrahman, Gorontalo, Jumat, sebagaimana siaran pers yang diterima di Jakarta.

Selengkapnya klik di sini.

Kasal: 7.500 prajurit TNI AL siaga bantu amankan mudik lebaran

Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali menyampaikan sekitar 7.500 prajurit TNI AL disiagakan untuk membantu kepolisian mengamankan arus mudik dan arus balik libur lebaran.

Tidak hanya prajurit yang siaga, TNI AL juga memastikan seluruh aktivitas patroli yang dilakukan oleh kapal perang Republik Indonesia (KRI), dan pesawat udara, tidak berhenti atau berkurang.

Selengkapnya klik di sini.

Mahfud MD: RUU Perampasan Aset segera dikirim ke DPR

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyampaikan naskah Rancangan Undang-Undang (RUU) Perampasan Aset segera dikirim ke DPR karena seluruh materi yang sifatnya substantif telah disepakati oleh menteri dan ketua lembaga.

Mahfud MD, saat jumpa pers di kantornya, Jakarta, Jumat, menyampaikan dirinya bersama menteri dan ketua lembaga dari Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Keuangan, Kejaksaan Agung, Polri, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) telah memaraf naskah RUU Perampasan Aset.

Selengkapnya klik di sini.

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023