pemerintah daerah setempat, tidak memperlihatkan komitmennya mempromosikan berbagai obeyek pariwisatanya kepada para turis mancanegara
Kendari (ANTARA News) - Kota Ambon, Provinsi Maluku dan Kabupaten Banda, Maluku Utara dicoret dari daftar rute yacht rally atau konvoi kapal-kapal peserta Sail Komodo 2013.

Ketua Formatur Nasional Asosiasi Sail Indonesia (Asindo),  M Hugua di Kendari, Senin mengatakan, peserta yacht rally yang bertolak dari Australia pada Juli 2013, langsung ke Saumlaki, tidak lagi singgah di dua daerah tersebut.

"Kedua daerah tersebut dicoret dari rute perjalanan peserta yacht rally karena pemerintah daerah setempat, tidak memperlihatkan komitmennya mempromosikan berbagai obeyek pariwisatanya kepada para turis mancanegara," katanya.

Selain Banda dan Kota Ambon, daerah yang juga sudah dicoret dari rute perjalanan peserta yacht rally adalah Kota Baubau, Provinsi Sulawesi Tenggara. 

"Daerah-daerah yang sudah dicoret dari rute perjalanan peserta yatch rally itu, masih memungkinkan dimasukkan kembali pada rute perjalanan sail berikutnya, jika pemerintah setempat menginginkan daerahnya jadi rute peserta yacht rally," kata Hugua yang juga Bupati Kabupaten Wakatobi itu.

Komitmen tersebut kata dia, harus dibuktikan dengan surat permintaan resmi dari kepala daerah masing-masing, yang ditujukan kepada Sekretaris Jenderal Asindo, Adji Sularso di Jakarta.

Di Provinsi Sultra, ada empat kabupaten yang sudah ditetapkan menjadi rute yacht peserta Sail Komodo 2013.

Keempatan kabupaten tersebut yakni Kabupaten Wakatobi, Kabupaten Buton Utara, Kabupaten Buton dan Kabupaten Bombana.
(ANT)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2012