Sail Komodo 2013 diharapkan sebagai momen untuk menjadikan NTT menjadi wilayah berlayar..."
Kupang (ANTARA News) - Berbagai acara dalam rangkaian Sail Komodo 2013 menjadi salah satu upaya menjaga semangat pembangunan kelautan, termasuk wisata cinta bahari dan promosi Nusa Tenggara Timur (NTT), kata Menteri Koordinator Bidang Kesejateraan Rakyat (Menko Kesra), HR Agung Laksono.

Sebagai Ketua Panitia Pengarah Sail Komodo 2013,  ia mengemukakan bahwa reli kapal layar bermotor (yacht) juga sangat berarti dalam sejalan dengan amanat Master Plan Percepatan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) untuk Koridor V, yang mencakup Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur.

Agung dalam kesempatan itu melepas secara resmi yacht yang mengikuti reli yang menjadi kegiatan inti Sail Komodo 2013.

Sail Komodo 2013, dinilainya, juga mempromosikan NTT sebagai daerah tujuan wisata utama di dunia, karena memiliki pula komodo sebagai salah satu keajaiban baru dunia.

Menteri Kelautan dan Perikanan, Sharif C. Sutardjo, pada kesempatan yang sama mengatakan bahwa Sail Komodo 2013 diharapkan sebagai momen untuk menjadikan NTT menjadi wilayah berlayar yang dikenal masyarakat dunia sekaligus mampu sebagai penambah keuangan daerah.

Saat ini jumlah peserta yacht rally yang telah memasuki perairan laut Indonesia tercatat 106 yacht dari 26 negara. Dari jumlah tersebut, 87 yacht masuk melalui Kupang. Sementara sisanya masuk melalui Saumlaki, Sangihe, dan Tarakan.
(T.W001)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2013