Banda Aceh (ANTARA) - PT Hutama Karya (Persero) menyiagakan sebanyak 219 petugas untuk melayani pengendara di lima seksi ruas tol Sigli - Banda Aceh (Sibanceh), demi kelancaran arus mudik Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

"Kami mengimbau agar pengguna jalan selalu memastikan kondisi kendaraannya dan juga kondisi fisik tubuh dengan istirahat yang cukup sebelum mengemudi," kata Kepala Cabang Tol Sibanceh Hutama Karya Totok Masyadi di Aceh Besar, Sabtu.

Ia menjelaskan dalam menghadapi arus mudik, Hutama Karya telah melakukan persiapan mulai dari Patroli Jalan Raya (PJR) dan Keamanan dan Ketertiban (Kamtib) serta juga melakukan pengecekan kendaraan layanan tol dan peralatan tol untuk memastikan kelancaran selama periode lebaran.

Kata dia, untuk seksi 2, 3, dan 4 (Seulimeum-Blang Bintang) dengan jarak 35,8 kilometer, pihaknya menyiagakan 188 petugas tol, 23 kendaraan layanan tol, 16 buah gardu tol, dan empat titik top up di empat gerbang tol.

Sedangkan fungsional di seksi 5 dan 6 (Blang Bintang-Baitussalam) dengan jarak 12,7 kilometer, Hutama Karya menyiagakan sebanyak 31 petugas tol, enam kendaraan layanan dan enam buah gardu tol serta satu titik top up.

Pihaknya juga mengimbau seluruh pengguna jalan agar mematuhi ketentuan dan tata tertib yang berlaku di jalan tol, di antaranya berkendara dengan kecepatan antara 60 – 100 km/jam, dan khusus ruas fungsional kecepatan maksimal 80 km/jam, sekaligus menjaga jarak aman dengan kendaraan lain.

"Dan pastikan kendaraan tidak Over Dimension dan Over Load (ODOL), serta tidak menggunakan bahu jalan kecuali dalam keadaan darurat," ujarnya.

Selain itu, untuk memperlancar transaksi dan tidak menimbulkan antrean di gerbang tol, Hutama Karya juga meminta agar pengendara menggunakan satu kartu Uang Elektronik (UE) untuk satu kendaraan serta memastikan kecukupan saldo UE sebelum memasuki gerbang tol.

Hutama Karya, kata dia, telah siaga dalam persiapan berbagai aspek yang ada di jalan tol, mulai dari peningkatan kualitas jalan tol, keamanan, operasional, transaksi maupun strategi anti-macet saat akan terjadi lonjakan kepadatan yang signifikan.

"Sehingga pemudik tidak perlu khawatir untuk memilih Jalan Tol Ruas Sigli – Banda Aceh sebagai alternatif jalur mudik," ujarnya.


Baca juga: Seksi Baitussalam tol Sibanceh mulai dibuka secara gratis Sabtu
Baca juga: Hutama Karya diskon jarak tarif terjauh dua ruas tol di JTTS
Baca juga: HK: Gerbang Tol Bakauheni Selatan titik utama penanganan arus mudik

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2023