Salah satu tugas kami membantu mengarahkan penumpang ke lokasi yang mereka cari
Tangerang (ANTARA) - Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) Tangerang, Provinsi Banten, menghadirkan Duta Kebersihan selama periode arus mudik Idul Fitri (Lebaran) 1444 Hijriah/2023 guna membantu mobilitas penumpang di dalam terminal.

Seorang Duta Kebersihan bernama Neng Ayu Wahyuni mengungkapkan dirinya ditunjuk oleh PT Angkasa Pura II selaku pengelola Bandara Soekarno-Hatta untuk menjadi Duta Kebersihan. Dia mulai bertugas menjadi Duta Kebersihan sejak hari ini hingga 30 April 2023.

“Salah satu tugas kami membantu mengarahkan penumpang ke lokasi yang mereka cari,” kaya Ayu kepada ANTARA di Tangerang, Sabtu.

Menurut Ayu, lokasi yang paling banyak dicari oleh para penumpang adalah pintu keberangkatan, musala, toilet, dan tempat makan.

“Karena kan lagi bulan suci Ramadhan. Jadi, banyak yang cari tempat salat dan tempat makan,” ujar Ayu.

Selain membantu mobilitas penumpang, Duta Kebersihan juga membantu mengatur kepadatan penumpang. Misalnya, bila salah satu titik toilet memiliki antrean yang panjang, Duta Kebersihan akan mengarahkan penumpang untuk berpindah ke toilet di lokasi lainnya. Dengan begitu, kepadatan antrean menjadi berkurang dan lebih efektif.

Sebelum menjadi Duta Kebersihan, Ayu merupakan petugas kebersihan di Bandara Soekarno-Hatta. Ayu menjelaskan ada 21 orang petugas kebersihan di Bandara Soekarno-Hatta yang ditunjuk menjadi Duta Kebersihan.

Duta Kebersihan yang ditunjuk bertugas di tiap terminal Bandara Soekarno-Hatta. Sementara Ayu sendiri bertanggung jawab menjadi Duta Kebersihan di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta.

Ayu menjelaskan inisiatif diadakannya Duta Kebersihan merupakan salah satu respons Bandara Seokarno-Hatta untuk mengantisipasi keramaian arus penumpang selama periode mudik Lebaran 2023.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Posko Terpadu Angkutan Lebaran 2023 Bandara Soekarno-Hatta, jumlah penumpang pada tujuh hari jelang Lebaran menunjukkan peningkatan bila dibandingkan capaian pada periode yang sama tahun lalu.

Total jumlah penumpang yang melakukan perjalanan di Bandara Soekarno-Hatta pada 15 April 2023 tercatat sebanyak 127.576 orang dengan 973 penerbangan. Adapun tahun lalu jumlah penumpang tercatat sebanyak 98.227 orang dengan 837 penerbangan.

Baca juga: Jumlah penumpang di Bandara Soetta H-7 Lebaran capai 127.576 orang
Baca juga: AP II prediksi puncak arus mudik terjadi H-1 Lebaran
Baca juga: Puncak kepadatan lalin di Bandara Soetta diprediksi mulai 18 April


Pewarta: Imamatul Silfia
Editor: Citro Atmoko
Copyright © ANTARA 2023