Batang (ANTARA) - Lalu lintas kendaraan di jalur pantai utara (pantura) Pekalongan hingga Batang, Jawa Tengah, ramai lancar pada Sabtu siang, sepekan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

Kendaraan yang melalui jalur pantura lebih ramai dibandingkan dengan hari biasa, tetapi tidak sampai macet.

Kepadatan lalu lintas kendaraan hanya terjadi di beberapa titik, termasuk di sekitar lampu lalu lintas Grogolan, sekitar area pusat perbelanjaan, dan pertigaan jalur pintu keluar Kandeman, Kabupaten Batang.

Di antara pemudik yang melalui jalur pantura, ada Rangga (26), yang memilih pulang ke kampung lebih awal guna menghindari kemacetan lalu lintas kendaraan di jalan raya.

Rangga berangkat dari tempatnya bekerja di Tangerang sekitar pukul 05.00 WIB dan sampai di Kabupaten Batang pada pukul 14.15 WIB.

"Kami sengaja lebih awal mudik Lebaran untuk menghindari kepadatan arus lalu lintas di jalur pantura," kata Rangga, yang hendak pulang ke kampung halamannya di Kabupaten Rembang.

Dia beristirahat tiga kali selama berkendara menuju ke Kabupaten Rembang, yaitu di Tangerang, Cirebon, dan Pekalongan.

"Selain untuk mengisi BBM di Cirebon dan Kota Pekalongan, saya sempat beristirahat sejenak sebelum menuju ke Rembang," katanya.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Batang AKP Agus Marinus mengimbau para pemudik tetap berhati-hati dan waspada saat berkendara meski lalu lintas kendaraan masih ramai lancar.

"Jika memang sudah merasa lelah, kami mengimbau pemudik beristirahat secukupnya di tempat istirahat sebelum melanjutkan perjalanan lagi ke kampung halaman," katanya.

Agus Marinus mengatakan bahwa aparat kepolisian membantu mengawal pemudik yang mengendarai kendaraan beroda dua dari Kabupaten Brebes hingga Kendal dan melanjutkan pengawalan sampai ke wilayah Kota Semarang.

Dalam upaya melancarkan arus mudik, ia mengatakan, pada Senin sore (17/4) petugas Satuan Lalu Lintas Polres Batang akan memasukkan truk-truk bersumbu tiga ke sejumlah tempat parkir, termasuk di Suradadi, Banyuputih, dan Adinuso.

"Kecuali truk sembako, semua truk bersumbu tiga, baik yang melintas di tol maupun jalur pantura, akan kami masukan ke kantung parkir," katanya.

Baca juga:
Lalu lintas kendaraan di Gerbang Tol Bakauheni Selatan ramai lancar
Polres Bekasi siapkan rekayasa lalu lintas untuk melancarkan arus mudik

Pewarta: Kutnadi
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2023