Bellevue (ANTARA News) - Perusahaan penyedia layanan komunikasi wireless Amerika Serikat, Sprint, hari ini menyatakan telah menandatangani kesepakatan untuk mengakuisisi 50 persen saham Clearwire seharga 2,97 dolar per saham atau totalnya 2,2 miliar dolar.

Dalam pernyataan bersama Sprint dan Clearwire yang disebarkan Senin disebutkan, nilai transaksi itu merupakan 128 persen dari harga penutupan saham premium Clearwire pada hari sebelum Sprint pertama kali mengkonfirmasi di pasar pada 11 Oktober lalu.

Dinyatakan pula bahwa nilai total perusahaan Clearwire sekitar 10 miliar dolar, termasuk utang bersih dan kewajiban-kewajiban sewa spektrum jaringan yang nilainya 5,5 miliar dolar.

Spektrum Clearwire, jika dikombinasikan dengan kemampuan Sprint, akan memperkuat portofolio Sprint yang disempurnakan dan meningkatkan daya saing dalam industri wireless di AS.

Visi jaringan Sprint akan dilengkapi dengan aset spektrum 2.5GHz dari Clearwire untuk meningkatkan layanan kepad pelanggan dan migrasi jaringan ke standar LTE (long term evolution).

CEO Sprint Dan Hesse mengatakan,"Transaksi hari ini menandai langkah lain yang signifikan dalam posisi kompetitif Sprint yang ditingkatkan dan kemampuan untuk menawarkan kepada pelanggan produk yang lebih baik, lebih banyak pilihan dan layanan terbaik."

Transaksi tersebut dengan suara bulat telah disetujui oleh dewan direksi Clearwire atas rekomendasi komite khusus yang dibentuknya.

Selain itu, Clearwire juga telah menerima komitmen dari Comcast Corp, Intel Corp, dan Bright House Networks LLC, yang secara bersama-sama memegang sekitar 13 persen saham Clearwire, untuk mendukung transaksi ini.

SOftBank yang baru-baru ini mengumumkan merger dengan Sprint juga telah memberikan persetujuan terhadap transaksi tersebut.

CEO dan presiden Clearwire Erik Prusch mengatakan,"Kami dewan direksi telah meninjau alternatif strategi yang ada selama dua tahun terakhir. Dalam mengevaluasi alternatif yang tersedia, sebuah komite khusus melakukan proses hati-hati dan ketat, dan berdasarkan rekomendasi komite, direksi kami dengan suara bulat memutuskan bahwa transaksi ini, yang memberikan nilai tertentu dan menarik bagi pemegang saham, adalah jalan terbaik kedepan."

Terkait dengan transaksi itu, Clearwire dan Sprint juga telah menandatangani perjanjian senilai 800 juta dolar sebagai pembiayaan tambahan untuk Clearwire. Sprint menerima surat utang yang bisa ditukarkan dengan saham umum Clearwire pada harga 1,50 dolar per lembar, sesuai dengan penyesuaian dalam kondisi tertentu.

Berdasarkan perjanjian, Sprint sepakat untuk membeli surat utang yang bisa ditukarkan itu setiap bulannya 80 miliar dolar selama lebih 10 bulan mulai Januari 2013.

Clearwire Corporation merupakan penyedia layanan broadband wireless 4G di Amerika Serikat.

(*)

Pewarta: Suryanto
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2012