Lembah Gurame merupakan ruang terbuka hijau dan akan dijadikan taman kota bagi warga Depok,"
Depok (ANTARA News) - Pemerintah Kota Depok membangun hutan dan taman kota di Taman Hutan Lembah Gurame, Kelurahan Depok Jaya, Kecamatan Pancoran Mas.

"Lembah Gurame merupakan ruang terbuka hijau dan akan dijadikan taman kota bagi warga Depok," kata Wali Kota Depok Nur Mahmudi Isma`il usai melakukan penanaman gerakan menanam 1000 pohon di Lembah Gurame Depok, Senin.

Menurut dia, penanaman pohon dilakukan dalam rangka bulan menanam dan Gerakan perempuan menanam dirangkai dengan pencanangan Depok Kota Hijau. Kegiatan ini mengusung tema "Sukseskan Program Pengembangan Kota Hijau (P2KH) Demi Kebahagiaan Generasi Mendatang".

Ia mengatakan bahwa Lembah Gurame dan penanaman pohon merupakan wujud komitment Pemerintah Kota Depok, dalam rangka mensukseskan Kota Hijau. Berdasarkan perencanaan tata ruang kota ditetapkan Depok harus memiliki 30 persen dari Kota merupakan ruang terbuka hijau, dan 20 persennya harus dimiliki pemerintah, sementara itu ruang terbuka hijau yang dimiliki baru 10 persen.

"Pemerintah Kota harus berusaha lebih keras lagi agar aset fasos fasum segera dimiliki," katanya.

Dikatakannya Kota Depok sebagai Kota pilihan bermukim atau investasi menyebabkan semakin banyaknya bangunan-bangunan yang menyebabkan hilangnya ruang terbuka hijau. Oleh karena itu pendisiplinan fasos fasum untuk ruang terbuka hijau harus dilakukan secara serius.

Lebih lanjut ia mengatakan gerakan memilah, hendaknya mendirikan bank sampah tidak hanya di sekolah, tetapi juga dilingkungan warga dan berharap akan menimbulkan multi player efect dari aksi tersebut.

"Saya berharap nantinya akan ada sekolah yang memperoleh piala adiwiyata," katanya.

Sementara itu Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Depok Zamrowi mengatakan pencanangan Depok sebagai Kota Hijau, dari UUD No.32 tahun 2009 tentang perlindungan dan pengolahan lingkungan hidup. Serta Kepres tentang Hari menanam pohon Indonesia.

Ia mengatakan Lembah Gurame yang memiliki luas 2,5 hektare, akan dijadikan hutan kota dan taman kota. Hal ini sebagai langkah awal untuk membangun hutan kota dengan skala yang cukup luas.

"Lembah gurame dapat menjadi hutan kota dan taman kota yang dapat membuat Depok semakin hijau serta bermanfaat bagi masyarakat," ujarnya.

(F006/N002)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2012