Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menjadi tokoh yang paling banyak dipilih oleh responden dalam simulasi pilpres berformat terbuka, semi-terbuka, dan tertutup
Jakarta (ANTARA) - Hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) yang disiarkan di Jakarta, Sabtu, menunjukkan Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan menjadi tokoh yang paling banyak dipilih oleh para responden dalam simulasi pemilihan presiden.

Dalam tiga jenis surveinya, yaitu yang berformat terbuka, semi-terbuka, dan tertutup, tiga tokoh tersebut konsisten mengisi daftar tiga besar yang paling banyak mendulang suara saat simulasi pemilihan presiden (pilpres).

Direktur Riset SMRC Deni Irvani dalam presentasi hasil survei di Jakarta, Sabtu, menjelaskan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menjadi tokoh yang paling banyak dipilih oleh responden dalam simulasi pilpres berformat terbuka, semi-terbuka, dan tertutup.

Di format terbuka, yang artinya responden memilih langsung calon presidennya dalam simulasi pilpres, Ganjar Pranowo memperoleh 16,5 persen suara dari total 1.216 responden.

Sementara itu, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mendapatkan 16,3 persen suara, Anies Baswedan — yang diusung sebagai calon presiden oleh Koalisi Perubahan — memperoleh 9,8 persen.

Di luar itu, ada Presiden RI Joko Widodo 9,2 persen, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil 1,6 persen. Sisanya, Muhaimin Iskandar 0,7 persen, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono 0,6 persen, Menteri BUMN Erick Thohir 0,5 persen, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD 0,4 persen, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno 0,3 persen, dan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto 0,3 persen.

“Dalam format ini, masih ada 42,2 persen (responden) yang belum menjawab,” kata Deni.

Dia lanjut menjelaskan Ganjar Pranowo kembali mendapatkan suara terbanyak dalam simulasi pilpres dengan format semi-terbuka. Dalam format itu, SMRC menyodorkan 30 nama calon kepada para responden, tetapi mereka diperbolehkan memilih tokoh lain.

“Dukungan pada Ganjar semakin besar menjadi 24,3 persen; Prabowo 22,5 persen; Anies 15 persen; Ridwan Kamil 6,8 persen; Erick Thohir 2,8 persen; Mahfud MD 2,8 persen; Sandiaga Uno 2,3 persen; dan nama-nama lain di bawah 2 persen. Masih ada 14,6 persen yang belum menjawab,” kata dia.

Kemudian, simulasi pilpres format tertutup, yang artinya responden hanya dapat memilih dari enam nama yang disodorkan oleh SMRC, Ganjar Pranowo kembali menempati urutan teratas dengan perolehan 26,8 persen, dikuti oleh Prabowo 25,4 persen, Anies Baswedan 16,7 persen, Ridwan Kamil 13,8 persen, Mahfud MD 4,1 persen, dan Agus Harimurti Yudhoyono 2,1 persen.

“Masih ada 11,1 persen responden yang tidak menyebutkan pilihannya,” kata Deni.

Dia menyampaikan survei SMRC itu berlangsung pada 11–14 April 2023 melibatkan 1.216 responden yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah, dan memiliki telepon/gawai,

“Margin of error survei diperkirakan kurang lebih 2.9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen,” kata dia.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023