Kalau Tol Sibanceh saya optimis tidak ada kemacetan....
Banda Aceh (ANTARA) - PT Hutama Karya/HK (Persero) memastikan tidak ada kemacetan terjadi di Gerbang Tol Sigli-Banda Aceh (Sibanceh) selama arus mudik Lebaran 2023 di Provinsi Aceh, meskipun saat puncak arus mudik 19 April mendatang.

“Kalau Tol Sibanceh saya optimis tidak ada kemacetan, karena kapasitas gardu kita masih cukup memadai dibanding kendaraan yang lewat walaupun di puncak mudik nanti,” kata Kepala Cabang Tol Sibanceh HK Totok Masyadi, di Aceh Besar, Sabtu.

Ia menjelaskan, terdapat lima seksi Tol Sibanceh yang dibuka untuk melayani pemudik Lebaran 2023. Di antaranya seksi 2, 3, dan 4 (Seulimeum-Blang Bintang) dengan jarak 35,8 kilometer, serta fungsional seksi 5 dan 6 (Blang Bintang-Baitussalam) dengan jarak 12,7 kilometer.

Dari kelima seksi yang beroperasi tersebut, terdapat 22 buah gardu tol, dan menyiagakan 219 petugas tol, 29 kendaraan layanan tol, serta lima titik top up di setiap gerbang tol.

Sejauh ini, kata Totok, kapasitas Gerbang Tol Sibanceh baru terpakai sekitar 40 persen dari total kapasitas. Katanya satu gardu bisa melayani 360 kendaraan per jam, sedangkan saat ini kendaraan yang lewat di setiap gardu tersebut tidak mencapai setengah dari kapasitas.

“Kita satu gardu bisa melayani 360 kendaraan per jam, tetapi di Sibanceh ini hanya terpakai 30-40 persen dari kapasitas yang ada, jadi tidak akan ada antrean di gerbang tol,” ujarnya pula.

Sedangkan tingkat lalu lintas kendaraan di Tol Sibanceh, kata dia, pada hari normal rata-rata lalui sekitar 2.700 kendaraan per hari. Sedangkan selama Ramadhan, lalu lintas kendaraan menurun sekitar 26 persen, sehingga angka rata-rata sekitar 2.000 kendaraan per hari.

Berkaca pada Lebaran dan natal tahun lalu, kata Totok, arus transportasi di ruas Tol Sibanceh juga berlangsung aman dan lancar. Hal yang sama juga diperkirakan akan terjadi pada momentum Lebaran tahun ini.

“Lebaran tahun lalu dan natal tahun lalu juga, kondisi tTol Sibanceh landai dan lancar saja, tidak ada kemacetan di gerbang tol,” katanya lagi.
Baca juga: Hutama Karya prediksi puncak arus mudik Tol Sigli-Banda Aceh 19 April
Baca juga: Hutama Karya siagakan 219 petugas untuk layani pemudik di Tol Sibanceh

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023