Kupang (ANTARA) - Posko terpadu angkutan Udara bandara El Tari Kupang, Nusa Tenggara Timur melaporkan jumlah pemudik melalui bandara internasional tersebut pada H-7 Idul Fitri 1444 Hijriah mencapai 3.797 penumpang.

“Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya di periode yang sama terjadi kenaikan pemudik sebesar 136 pemudik dimana di tahun 2022 hanya berjumlah 3.661 pemudik,” kata Humas Bandara El Tari Kupang Devi Budihandayani di Kupang, Sabtu malam.

Hal ini disampaikannya berkaitan dengan perkembangan pemudik melalui bandara El Tari Kupang baik itu yang datang dan berangkat usai posko Idul Fitri di Bandara tersebut dibuka.

Dia menilai kenaikan jumlah pemudik di bandara El Tari itu dikarenakan saat ini berbagai aturan yang berkaitan dengan COVID-19 sudah dicabut kembali oleh pemerintah.

Baca juga: Posko mudik prediksi terjadi kenaikan pemudik di bandara El Tari

Di samping itu aturan-aturan yang berkaitan dengan COVID-19 bagi pelaku perjalanan juga sudah mulai dilonggarkan.

Selain pemudik yang mulai mengalami peningkatan, pergerakan pesawat melalui Bandara itu juga mulai alami peningkatan dibandingkan tahun 2022.

“Jika di tahun 2022 ada 43 pesawat di periode yang sama, maka di tahun ini di H-17 Idul Fitri mencapai 48 pesawat,” ujar dia.

Sementara pergerakan kargo melalui bandara itu mencapai 49.215 kilogram meningkat sekitar 117 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya hanya sekitar 22.667 kilogram.

GM PT Angkasa Pura I Nyoman Noer Rohim  memprediksi puncak arus mudik di bandara itu akan terjadi pada Rabu (19/4).

Namun hingga saat ini juga terkait penambahan pesawat ujar dia belum disampaikan oleh pihak maskapai apakah melakukan penambahan atau tidak.
 

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023