Kami menyediakan energi, baik untuk avtur maupun energi kendaraan yang akan turut serta saat pelaksanaan KTT ASEAN
Surabaya (ANTARA) - Pertamina Patra Niaga Jawa Timur Bali Nusa Tenggara (Jatimbalnus) siap memasok kebutuhan energi guna mendukung kelancaran pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-42 ASEAN di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur pada 9-11 Mei 2023. 

"Kami menyediakan energi, baik untuk avtur maupun energi kendaraan yang akan turut serta saat pelaksanaan KTT ASEAN," kata Executive GM Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus Dwi Puja Ariestya kepada ANTARA di Surabaya, Minggu.

Menurut dia, pelaksanaan KTT G20 tahun 2022 di Bali menjadi modal kuat agar dapat menyukseskan KTT ASEAN.

Secara spesifik, pihaknya akan memastikan suplai avtur pesawat terbang untuk para delegasi di Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Labuan Bajo.

"Fokus kami untuk memenuhi suplai energi, terutama avtur, agar kebutuhan avtur pesawat terbang delegasi beberapa negara bisa terpenuhi," ucapnya.

Selain itu, Pertamina Patra Niaga juga akan menyiapkan di beberapa titik lokasi yang terdekat dengan pelaksanaan KTT ASEAN.

Baca juga: RI pimpin ASEAN seimbangkan perekonomian dunia

"Kami akan stand by di beberapa titik lokasi bandara terdekat, seperti Surabaya, Bali, Kupang dan Ende," ujarnya.

Menurut dia, hal tersebut dilakukan karena jumlah penerbangan saat KTT ASEAN berlangsung akan sangat banyak.

Selain itu, menurut dia, pihaknya juga akan menyediakan bahan bakar minyak (BBM) melalui lembaga penyalur Pertamina yang berada di Labuan Bajo.

"Terdapat lembaga penyalur kami, baik SPBU maupun SPBUN, ini juga kami sudah siapkan untuk penyiapan upgrading dari stoknya, untuk mengantisipasi jika ada kenaikan saat KTT ASEAN, ujarnya.

Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggaraan KTT ASEAN tahun ini. Puncak perhelatan KTT ASEAN 2023 akan diselenggarakan di Labuan Bajo dan Jakarta, pada Mei dan September 2023.

Baca juga: Menhub cek sarana transportasi di Labuan Bajo jelang KTT ASEAN

Baca juga: BPOLBF pastikan tidak ada penutupan kegiatan wisata saat ASEAN Summit

 

Pewarta: Abdul Hakim/Naufal Ammar Imaduddin
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023