Tidak hanya keliling masjid, PMI juga menyasar sejumlah tempat keramaian seperti objek wisata yang ramai di malam hari untuk melakukan kegiatan donor darah
Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) Jember menyasar objek wisata untuk melakukan kegiatan donor darah pada malam hari guna memenuhi kebutuhan stok darah menjelang Lebaran (Idul Fitri) 1444 Hijriah/2023.

Kali ini PMI Jember menggelar donor darah di objek wisata Dira Kencong yang dipadati oleh pengunjung pada malam hari, sehingga diharapkan stok darah terus bertambah.

"Tidak hanya keliling masjid, PMI juga menyasar sejumlah tempat keramaian seperti objek wisata yang ramai di malam hari untuk melakukan kegiatan donor darah," kata Koordinator Humas PMI Jember Gufron Eviyan Efendi dalam keterangan tertulis yang diterima di Jember, Ahad.

Menurutnya kegiatan donor darah dilakukan setelah shalat tarawih, agar masyarakat yang datang untuk mendonorkan darahnya lebih banyak dibandingkan pada siang hari.

"Ratusan pendonor darah datang dari berbagai desa di Kecamatan Kencong. Untuk memberi rasa aman dan nyaman para pendonor, pihak PMI melakukan terobosan baru dengan menyediakan armada bus untuk kegiatan donor darah," katanya.

Ia berharap gencarnya kegiatan donor darah selama Ramadhan dapat mencukupi kebutuhan stok darah yang diperlukan sejumlah rumah sakit di Kabupaten Jember dan kabupaten sekitar.

"Alhamdulillah sejauh ini stok darah di PMI Jember cukup aman untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang membutuhkan darah," katanya.

Gufron mengatakan kegiatan mobile unit donor darah juga dilakukan setiap malam usai taraweh di halaman parkir di depan Masjid Jami’ Al Baitul Amien karena jamaah yang shalat di masjid tersebut sangat banyak, sehingga bisa mencapai ratusan kantong yang didapat sejak awal Ramadhan hingga kini.

Sementara Manajer Dira Kencong, Dian Pertiwi mengatakan pihaknya mengucapkan terima kasih kepada pihak PMI yang menyediakan layanan donor darah di objek wisatanya.

"Alhamdulillah antusias pengunjung untuk mendonorkan darahnya cukup tinggi, mudah-mudahan dapat membantu untuk memenuhi kebutuhan stok darah di PMI Jember," katanya.

Baca juga: PMI Jember dapat 1.359 kantong darah hingga pertengahan Ramadhan

Baca juga: PMI Jember siagakan dokter dan ambulans di posko mudik Lebaran

Baca juga: Dusun Kidul Besuk jadi kampung donor darah siaga pertama di Jember


 

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023