Jumlah kantong darah saat ini masih mencukupi, namun diharapkan sumbangsih masyarakat agar bisa mendonorkan darahnya untuk kepentingan sesama
Depok (ANTARA) - Palang Merah Indonesia Kota Depok Jawa Barat memastikan stok darah aman hingga Idul Fitri 1445 Hijriah, dan layanan donor darah tetap dibuka selama bulan Ramadhan agar ketersediaan darah tetap aman.

Ketua PMI Kota Depok Dudi Mi’raz di Depok Kamis mengatakan, saat ini untuk mengantisipasi penurunan tren pendonor di bulan Ramadhan dikejar dengan program Mobile Unit (MU) dengan menyasar rumah ibadah.

Ia menjelaskan, untuk jumlah darah yang tersedia sampai hari ini pukul 08.19 WIB, ada sebanyak 77 kantong, yang terdiri atas semua jenis golongan, seperti golongan A sebanyak 24 labu darah, golongan B sebanyak 20 labu, golongan O sebanyak 26, dan golongan darah AB sebanyak tujuh.

"Jumlah kantong darah saat ini masih mencukupi, namun diharapkan sumbangsih masyarakat agar bisa mendonorkan darahnya untuk kepentingan sesama. Mudah-mudahan usai lebaran stok darah masih tetap aman," katanya.

Dudi mengatakan lebih lanjut, menjelang Idul Fitri dan libur panjang, Palang Merah Indonesia Kota Depok menyiapkan relawan untuk berjaga selama 24 jam. Layanan ini berlaku mulai tanggal 08-12 April 2024.

Kepala Markas PMI Kota Depok Imron Maulana mengatakan, pihaknya menyiagakan sedikitnya 32 personel yang akan berjaga selama 24 jam, mereka dibagi per shift 12 jam.

Dikatakannya, relawan akan berjaga di lima titik, yaitu pos siaga Markas PMI Kota Depok, pos siaga lebaran Bojongsari, pos Margonda, pos Juanda, dan pos Terminal Jatijajar.

"Selain relawan, kami juga menyediakan ambulan yang mobile dari satu pos ke pos lainnya. Layanan yang tersedia yaitu pertolongan pertama dan layanan ambulan dan kesehatan," katanya.

Pewarta: Feru Lantara
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2024