Depok (ANTARA) - Wali Kota Depok Mohammad Idris mengajak semua aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan pemkot setempat ikut membantu masyarakat terdampak gempa bumi di Kabupaten Cianjur melalui Program D'SabR (Depok Sedekah Bersama).

"Lewat Pak Wakil, saya minta kepada seluruh ASN diarahkan melalui Program D'SabR untuk melakukan distribusi ke sana (Cianjur, red.)," kata dia di Depok, Jawa Barat, Selasa.

Pemkot Depok juga sudah membentuk tim satgas khusus untuk melakukan penggalangan bantuan kemanusiaan dari masyarakat setempat. Langkah ini dinilai dapat membantu percepatan penanganan dampak gempa di Cianjur tersebut.

"Kami juga membuat tim satgas khusus untuk melakukan penggalangan dari masyarakat untuk bencana di sana," katanya.

Baca juga: Jamkrindo salurkan bantuan tanggap darurat gempa Cianjur dan Sukabumi

Dia mengatakan tim Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Depok sudah dikerahkan ke Cianjur. Terdapat enam personel PMI yang dikirim ke Cianjur sejak Senin (21/11).

Sebanyak 15 personel Tagana Depok juga telah dikerahkan ke lokasi bencana untuk membantu korban gempa Cianjur.

Program D'SabR diinisiasi oleh Pemkot Depok untuk mengumpulkan donasi atau sedekah secara sukarela dari para ASN di kota itu.

Program D'SabR diluncurkan Pemkot Depok sejak 2021. Program itu awalnya untuk membantu masyarakat terdampak pandemi COVID-19.

Baca juga: Puan: Tanggap darurat gempa Cianjur harus prioritaskan korban
Baca juga: Penjabat Gubernur Banten kirim bantuan korban gempa Cianjur
Baca juga: Mendagri ajak seluruh pemda beri hibah ke Cianjur

Pewarta: Feru Lantara
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022