Pendaftaran telah dibuka sejak 20 Desember 2023 hingga 28 Februari 2024
Depok, Jawa Barat (ANTARA) - Pemerintah Kota Depok, Jawa Barat, membuka pendaftaran dan menyiapkan pelatihan kerja atau magang di Jepang bagi warga untuk menambah keterampilan kerja.

"Untuk anak-anak muda Kota Depok, ada peluang magang di Jepang tiga tahun, akan dididik dan dilatih bahasa Jepang secara gratis. Pendaftaran telah dibuka sejak 20 Desember 2023 hingga 28 Februari 2024," kata Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono di Depok, Jumat.

Pelatihan tersebut merupakan kerja sama antara Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Depok dengan PT Japan Indonesian Economic Center (JIAEC).

Ia mengatakan pelatihan dapat diikuti masyarakat dengan usia maksimal 23 tahun. Serta merupakan lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) ataupun Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)/sederajat.

Baca juga: BKD Depok berhasil realisasi capaian pajak Rp1,445 triliun

Baca juga: Anggota DPRD Depok dukung bantuan permodalan perkuat UMKM 


Imam menjelaskan jika berhasil terpilih untuk magang di Jepang dapat memiliki gaji di atas Rp15 juta. Pendaftaran dapat dilakukan melalui link https://simpel.depok.go.id/Home/daftarPelatihan/PLT37, tersedia 100 kuota untuk diberangkatkan ke Jepang pada tahun 2024.

Imam berharap dengan adanya pelatihan tersebut bisa memberikan peluang kepada warga Depok untuk semakin berkiprah di luar negeri sehingga bisa meningkatkan taraf hidup.

"Semoga bisa bermanfaat bagi warga Kota Depok dan bagi Pemkot Depok dalam mengurangi angka pengangguran di Kota Depok," kata Imam Budi.

Sementara itu Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Depok telah membuka pelatihan kerja semester I tahun 2024. Ada delapan jenis pelatihan kerja yang dapat diikuti oleh talent atau pencari kerja di Kota Depok.

Delapan pelatihan yang diberikan meliputi baby sitter, potong rambut, tata boga, desain grafis, perbengkelan roda dua, content creator, menjahit dan pertukangan.

Kepala Disnaker Depok Sidik Mulyono mengatakan pendaftaran sudah dimulai sejak 2 Januari hingga 2 April 2024. Sementara pelatihan semester pertama akan mulai berlangsung 2 Mei hingga 26 Juni 2024.

Baca juga: UI konversi bus konvensional menjadi bus listrik

Baca juga: Depok Expo pamerkan produk usaha mikro wirausaha baru

 

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024