Transaksi yang dilakukan oleh Kota Depok ini terbesar di Jawa Barat, dengan berbagai kategori transaksi pemesanan.
Depok (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok di Jawa Barat mencatat transaksi belanja online pada toko daring Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang atau Jasa Pemerintah (LKPP) Mbizmarket mencapai Rp48 Miliar selama 2023.

Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa pada Unit Kerja Pengadaan Barang/Jasa (UKPBJ) Sekretariat Daerah (Setda) Kota Depok Indah Lestari Dewi, di Depok, Jumat, mengatakan, besaran transaksi tersebut berasal dari 11.285 pesanan. Transaksi dilakukan oleh 30 perangkat daerah (PD) di Kota Depok.

"Transaksi yang dilakukan oleh Kota Depok ini terbesar di Jawa Barat, dengan berbagai kategori transaksi pemesanan,” tuturnya.

Baca juga: Menko Luhut sebut belanja e-katalog tekan OTT pejabat

Indah menjelaskan kategori makanan dan minuman berkontribusi paling tinggi terhadap nilai transaksi dan jumlah pengadaan.

Sebesar 61 persen atau Rp29 miliar dari total transaksi di Mbizmarket berasal dari kategori makanan, minuman, jasa kreatif, dan kebutuhan kantor serta peralatan elektronik.

Menurut dia hingga saat ini terdapat 304 penyedia asal Kota Depok yang bertransaksi dari 496 penyedia yang terdaftar di Mbizmarket.

"Harapannya, lebih banyak lagi UMKM yang terdaftar dan mendapatkan paket pekerjaan dari perangkat daerah," ujarnya.

Baca juga: Pemprov Sulsel jadi "pilot project" LKPP untuk pengadaan berkelanjutan

Dikatakannya dukungan dari perangkat daerah dan unsur vertikal untuk menggunakan platform belanja online sebagai bentuk dukungan pelaku UMKM di Kota Depok.

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024