Program tersebut memberikan manfaat lebih baik bagi para pelaku usaha dalam upaya peningkatan taraf ekonominya
Depok, Jawa Barat (ANTARA) - Pemerintah Kota Depok, Jawa Barat, menyebutkan Program Wirausaha Baru (WUB) dan Perempuan Kepala Keluarga (PEKKA) meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di daerah itu.

"Program tersebut memberikan manfaat lebih baik bagi para pelaku usaha dalam upaya peningkatan taraf ekonominya," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok Supian Suri di Depok, Kamis.

Pemerintah Kota (Pemkot) Depok memberikan perhatian kepada para pelaku usaha mikro di Kota Depok. Upaya tersebut dilakukan dengan mencetak ribuan Wirausaha Baru (WUB) dan Perempuan Kepala Keluarga (PEKKA) yang merupakan program janji Wali Kota-Wakil Wali Kota Depok, Mohammad Idris dan Imam Budi Hartono.

Supian mengatakan indikator IPM tersebut meliputi kesehatan, pendidikan dan ekonomi. Sehingga, melalui Program WUB dan PEKKA ini dapat terus meningkatkan IPM di Kota Depok.

"Kami dari pemerintah hadir ingin membantu peningkatan ekonomi masyarakat, yang nantinya dapat berdampak pada IPM Kota Depok," tuturnya.

Baca juga: UMKM Depok Jabar perlu akselerasi untuk naik kelas

Supian menjelaskan Program WUB dan PEKKA sudah berjalan sejak tahun 2022. Program ini sudah berhasil mencetak pelaku usaha yang mendapatkan omzet besar.

"Kami ingin semakin banyak masyarakat yang berwirausaha dan benar-benar dirasakan manfaatnya," jelasnya.

Supian mengatakan, pihaknya terus melakukan pendampingan, pemantauan dan memberikan akses permodalan dan juga tentu membantu dari segi pemasaran baik luring maupun daring.

Berdasar laporan Badan Pusat Statistik (BPS) IPM Kota Depok pada 2023 mencapai 74,39 persen, meningkat 0,62 poin (0,84 persen) dibanding tahun 2022 yang mencapai 73,77.

Baca juga: Pemkot Depok alokasikan Rp1,8 miliar untuk subsidi bunga gratis UMKM

Baca juga: Pelaku usaha kecil Depok minta fasilitas sentral UMKM tiap kelurahan

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024