"Jumlah kantong darah yang tersedia sampai hari ini sebanyak 748 kantong, yang terdiri dari semua jenis golongan darah
Depok (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Depok memastikan persediaan darah mencukupi hingga Idul Fitri 1443 Hijriah karena selama dua bulan terakhir telah melakukan sejumlah upaya untuk menghimpun darah dari berbagai kalangan masyarakat.

"Jumlah kantong darah yang tersedia sampai hari ini sebanyak 748 kantong, yang terdiri dari semua jenis golongan darah. Pada bulan Ramadhan ini Program Mobile Unit menyasar gereja dan perkumpulan atau komunitas," kata Ketua PMI Kota Depok, Dudi Mi’raz di Depok, Jawa Barat, Selasa.

Ia mengatakan dari Januari hingga Maret sudah memperbanyak persediaan darah untuk bulan Ramadhan sehingga untuk bulan April dan Mei ini stok darah aman. Bulan April ini pun PMI masih berupaya menambah stok dengan Program Mobile Unit (MU).

Baca juga: Warga Azalea Depok siasati silaturahim lebaran dengan drive thru

Meskipun stok darah aman PMI Depok tidak akan berhenti dan akan tetap berupaya ke berbagai lokasi yang sudah terjadwal.

"Kami terus mengimbau sumbangsih masyarakat agar bisa mendonorkan darahnya, untuk persediaan Mei sampai Juni. Mengingat kegiatan donor darah, masih minim," katanya.

Sementara itu Kepala Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Depok, Widya Astriyani mengatakan jumlah stok tersisa golongan darah A sebanyak 140 labu, B 260 labu, AB 48 labu dan O 300 labu.

Baca juga: PMI Depok lakukan penyemprotan disinfektan cegah penyebaran COVID-19

"Kami mengimbau warga supaya bisa mendonorkan darahnya, khususnya untuk golongan AB yang hanya tinggal 48 labu darah. Mengingat, saat ini bulan puasa, dimana tren pendonor biasanya menurun," ujarnya.

Menurut dia, permintaan darah tidak hanya dari Kota Depok, tetapi juga dari luar daerah, seperti Jakarta, Bogor dan sebagainya. Pihaknya tidak bisa menolak permintaan tersebut atas dasar kemanusiaan.

Baca juga: UI terima 9.300 mahasiswa baru pada 2022

"Siapapun yang meminta, tidak bisa kita tolak. Sekarang yang terpenting kebutuhan stok darah," katanya.

Untuk masyarakat yang ingin mendonorkan darah, bisa mendatangi Markas PMI Kota Depok di Jalan Boulevard Raya, Grand Depok City (GDC), Kelurahan Kalimulya, Kecamatan Cilodong. Jam operasional saat bulan Ramadhan masih sama dengan hari biasa yaitu pukul 08.00 - 20.30 WIB.

Baca juga: BPJS Kesehatan Depok siap jalankan Inpres 1 Tahun 2022

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022