Jadi kalau dilihat dari persentase dibandingkan arus mudik tahun 2023 lalu, ada kenaikan jumlah penumpang sebanyak 47 persen
Batam, Kepri (ANTARA) - Jumlah penumpang yang melakukan perjalanan di Bandara Internasional Batam (BIB) Hang Nadim, Kepulauan Riau pada tujuh hari menjelang Idul Fitri (Lebaran) 1444 Hijriah/2023 meningkat 47 persen.

Direktur Utama PT BIB, Pikri Ilham Kurniansyah di Batam Kepulauan Riau, Ahad (16/4) menyebutkan, total jumlah penumpang pada 15 April 2023 tercatat sebanyak 14.403 orang. Sementara, pada tahun 2022 lalu tercatat sebanyak 9.809 orang.

“Jadi kalau dilihat dari persentase dibandingkan arus mudik tahun 2023 lalu, ada kenaikan jumlah penumpang sebanyak 47 persen,” katanya.

Begitu juga dengan rata-rata jumlah harian penumpang pada saat hari normal yang hanya sekitar 10 ribu hingga 11 ribu.

“Itu juga tumbuh hampir 35 persen,” kata dia.

Peningkatan jumlah penumpang pada arus mudik tahun ini, katanya, meningkat sangat pesat dengan berbagai tujuan, baik itu ke wilayah Sumatera, Jawa dan Kalimantan.

Dengan meningkatnya jumlah penumpang pada saat arus mudik ini, iai menegaskan bahwa pihaknya tetap melakukan pelayanan selama 24 jam.

“Hari biasa kami juga buka 24 jam, namun jumlah penerbangannya rata-rata hanya 80 penerbangan dan itu tidak sampai 24 jam. Tetapi sekarang hampir 95 penerbangan, tergantung harinya. Jadi selama arus mudik ini tidak ada pembatasan jam kerja di bandara,” katanya.

Untuk puncak arus mudik, pada H-7 Lebaran itu sudah memasuki puncak arus mudik dan diprediksi akan terus seperti hingga Rabu (19/4) mendatang, demikian Pikri Ilham Kurniansyah.

Baca juga: Bandara Hang Nadim tambah penerbangan hadapi lonjakan penumpang mudik

Baca juga: Hang Nadim Batam ingatkan penumpang menghindari beli tiket pada calo

Baca juga: 24.142 warga meninggalkan Batam pada musim mudik Lebaran

Baca juga: 40.000 pemudik kembali ke Batam memakai pesawat terbang


Pewarta: Ilham Yude Pratama
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023