pemudik yang telah mengantongi tiket untuk naik kapal meski keberangkatan pada Rabu(19/4)
Samarinda (ANTARA) - Sebanyak 1.972 pemudik diberangkatkan dari Pelabuhan Samarinda, Kalimantan Timur menuju Pare-Pare, Sulawesi Selatan, yang berasal dari berbagai daerah di Kaltim seperti Kabupaten Berau, Kutai Timur, Kutai Kartanegara, Kota Bontang, dan Samarinda.

"Ke-1.972 pemudik tersebut berangkat hari ini menggunakan Kapal Motor (KM) Prince Soya," ujar Kepala Seksi Keselamatan Berlayar, Penjagaan dan Patroli (KBPP) Kantor Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan KSOP) Kelas II Samarinda Kapten M Ridha R di Samarinda, Minggu.

Ia bersyukur karena dalam proses menaikkan penumpang untuk musim mudik lebaran kali ini lebih tertib ketimbang tahun lalu, sehingga diharapkan prestasi ini bisa dipertahankan, bahkan ditingkatkan sebagai bentuk peningkatan pelayanan kepada pemudik.

Lebih tertibnya menaikkan penumpang pada musim mudik kali ini, lanjutnya, karena belajar dari pengalaman musim mudik tahun lalu yang kurang terkontrol, sehingga dari hasil evaluasi, kemudian dicari titik lemah untuk dilakukan perbaikan.

Diantara perbaikan sistem pelayanan yang dilakukan itu antara lain penerapan tiket secara daring, kemudian pemudik yang jauh dari luar Samarinda seperti dari Kutai Timur, Berau, dan lainnya namun telah tiba di pelabuhan dan telah mengantongi tiket, diperbolehkan masuk ke kapal lebih dulu meski sehari sebelum jam keberangkatan.

"Hal ini dilakukan untuk menghindari penumpukan massa saat antre masuk kapal, jika semua penumpang harus naik dalam hari dan jam yang sama," kata Ridha..
Petugas kepolisian dan KSOP Kelas II Samarinda foto bersama setelah pelayanan mudik menggunakan KM Prince Soya di Pelabuhan Samarinda, Minggu (16/4) (ANTARA / M Ghofar)


Seperti 1.972 penumpang yang sudah berangkat pada Minggu pagi ini, jumlah sebanyak itu bukan merupakan penumpang yang semuanya masuk kapal di hari ini, namun sehari sebelumnya sudah dibolehkan naik kapal, sehingga hari ini tidak terjadi antrean panjang seperti tahun lalu.

Begitu pula untuk rencana memberangkatkan penumpang pada Rabu (19/4) pihaknya juga akan mempersilahkan pemudik yang telah mengantongi tiket untuk naik kapal meski sebelum hari Rabu, sehingga di hari H tidak terjadi penumpukan.

Berdasarkan pemantauan, untuk calon penumpang yang akan berangkat ke Pare-Pare dengan Kapal Motor (KM) Cattleya Express pada Rabu mendatang, hari ini sudah banyak yang tiba di Pelabuhan Samarinda.

Di sisi lain, KM Cattleya Express untuk keberangkatan tiga hari mendatang pun, pada Minggu siang sudah tiba di Samarinda, sehingga setelah dilakukan pengecekan, maka secara tertib dan perlahan, para pemudik tersebut akan boleh masuk kapal meski mereka akan berangkat tiga hari lagi.
Baca juga: Polairud Polda Kaltim turunkan empat kapal patroli jaga perairan IKN
Baca juga: 1.900 pemudik Kalimantan Timur naik kapal ke Parepare
Baca juga: H-3 diprediksi terjadi lonjakan penumpang angkutan laut di Penajam

 

Pewarta: M.Ghofar
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2023