Pekanbaru (ANTARA) - PT Hutama Karya berupaya meningkatkan kualitas layanan guna mendukung kelancaran arus mudik Idul Fitri 1444 Hijriah dengan mendirikan rest area sementara di dua sisi di KM 36 sisi A dan B tol Pekanbaru-Bangkinang.

"Kita mengoperasikan rest area sementara tersebut sebagai tempat istirahat pengguna jalan tol yang melakukan mudik Idul Fitri 1444 Hijriah sehingga mereka dapat kembali bugar saat melanjutkan perjalanan," kata Manajer Tol Permai dan Pekanbaru-Bangkinang  Jarot Seno Wibawa dalam keterangannya diterima di Pekanbaru, Minggu.

Ia mengatakan, rest area sementara di dua sisi di KM 36 sisi A dan B jalan tol itu juga dilengkapi dengan fasilitas tempat parkir, toilet, mushala, minimarket dan pengisian BBM. 

Pada ruas tol Pekanbaru-Bangkinang itu, katanya diprediksi akan banyak kendaraan membawa penumpang  melintas sehingga membutuhkan tambahan rest area, sehingga tempat sementara dibangun. 

"Untuk mengantisipasi arus mudik dan balik Lebaran Idul Fitri 1444  Hijriah tahun 2023, ada beberapa peningkatan layanan pengguna jalan tol di Riau, pada ruas tol Pekanbaru-Dumai (Permai) dan juga di ruas Pekanbaru-Bangkinang," kata Jarot Seno. 

Sementara untuk ruas Pekanbaru-Dumai selain fasilitas yang sudah ada berupa rest area di 45A, 82A, 82B dan 65B, pihaknya juga akan menambah kapasitas parkir, toilet dan mushala di rest area 45A dan 65B, serta menambah fasilitas pengisian BBM di rest area 82 A dan 82 B.

"Kita juga akan menambah petugas untuk mendukung kelancaran transaksi saat pengguna jalan membayar tol menggunakan e-toll card, karena diyakini pengguna jalan tol meningkat," katanya.

Selain itu petugas yang disiagakan di gerbang tol juga akan mengecek dan memastikan peralatan tol dapat berfungsi dengan baik. Kemudian menambah kapasitas transaksi dengan pengoperasian Mobile Reader dan menambah perangkat untuk layanan top up.

Ia mengimbau pengguna jalan tol agar mempersiapkan saldo yang cukup sebelum memasuki jalan tol, pengisian saldo kartu e-toll dapat dilakukan di ATM maupun gerai Indomaret/Alfamart untuk mengurangi antrean di gerbang tol. 

"Pengguna jalan sebelum menempuh perjalanan melalui tol agar memastikan kendaraan dalam kondisi baik dan laik, dan pengemudi dalam kondisi fisik yang sehat. Jangan memaksakan mengemudi bila kondisi mengantuk sebaiknya istirahat di rest area yang sudah tersedia," demikian Jarot. 

Pewarta: Frislidia
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023