Lantaran belum ada fasilitas lampu penerangan, maka akan dibuka mulai jam 07.00-16.00 WIB
Pekanbaru, Riau (ANTARA) - PT Hutama Karya (Persero) atau HK akan mengoperasikan secara fungsional Jalan Tol Bangkinang-Koto Kampar sepanjang 24,7 kilometer secara gratis untuk mendukung arus lalu lintas saat libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2014.

"Masih gratis, sementara akan kita usulkan untuk dibuka satu arah. Arah dari mananya nanti sesuai kajian pemerintah," kata Direktur Operasi III HK Koentjoro di Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang, Riau, Jumat.

Jalan bebas hambatan sepanjang 24 kilometer ini rencananya dapat dilewati pengendara mulai dari 18 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024. Saat ini, masih ada sekitar empat kilometer dari jalan tol tersebut yang belum dibeton tebal dan belum ada fasilitas lampu penerangan.

"Lantaran belum ada fasilitas lampu penerangan, maka akan dibuka mulai jam 07.00-16.00 WIB," lanjutnya.

HK memprediksikan lalu lintas di Jalan Tol Trans-Sumatera akan mengalami peningkatan sebanyak 24 persen selama libur Natal dan Tahun Baru 2023 dengan jumlah kendaraan mencapai 1,23 juta unit. Jumlah ini mengalami peningkatan dibandingkan Nataru tahun lalu yang berjumlah 959 ribu kendaraan.

"Kita sudah memetakan ruas di Trans-Sumatera diperkirakan meningkat 24 persen dari lalu lintas normal. Normalnya 988 ribu," urainya.

Sementara itu, di ruas Tol Pekanbaru-Bangkinang, dipaparkan Koentjoro, ada 71,8 ribu kendaraan yang akan melintas selama libur Nataru. Sedangkan, untuk ruas Tol Pekanbaru-Dumai menyentuh 321 ribu kendaraan.

Menyikapi hal tersebut, menurut dia, pihaknya telah menyiagakan hampir seribu personel gabungan dan 289 unit armada untuk melakukan pengamanan Nataru di Riau.

Baca juga: Hutama Karya pastikan lima seksi tol Sibanceh operasi saat Natal
Baca juga: Hutama Karya: Tol Trans Sumatera siap layani libur Natal-Tahun Baru
Baca juga: Hutama Karya siapkan langkah antisipasi kemacetan di JTTS jelang Natal

Pewarta: Bayu Agustari Adha/Annisa Firdausi
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023