Kebijakan ini sesuai dengan hasil analisa dan evaluasi Operasi Ketupat Toba 2024, dimana kami berkoordinasi dengan Dirlantas Polda Sumatera Utara. Dengan perpanjangan fungsional jalan tol ini diharapkan menjadi alternatif jalan dan mengurai kepadatan
Jakarta (ANTARA) - Pengoperasian secara fungsional dua Ruas Tol Trans Sumatera yakni Indrapura - Kisaran Seksi II (Lima Puluh - Kisaran) dan Tebing Tinggi – Sinaksak diperpanjang menjadi berakhir hingga 21 April 2024, pukul 23.59 WIB.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan PT Hutama Karya (Persero) Adjib Al Hakim mengatakan, perpanjangan fungsional kedua jalan tol ini dilakukan atas pertimbangan masih tingginya arus balik Lebaran 2024 yang akan melintas di jalan tol tersebut.

“Kebijakan ini sesuai dengan hasil analisa dan evaluasi Operasi Ketupat Toba 2024, dimana kami berkoordinasi dengan Dirlantas Polda Sumatera Utara. Dengan perpanjangan fungsional jalan tol ini diharapkan menjadi alternatif jalan dan mengurai kepadatan jalan nasional,” ujar Adjib di Jakarta, Selasa.

Sebelumnya kedua ruas tol ini telah dioperasikan secara fungsional sejak 4 April 2024 dengan Volume Lalu Lintas (VLL) yang cukup tinggi mengingat jalan tol ini bisa memangkas setengah waktu tempuh perjalanan dari Medan menuju Kisaran yang semula 5 jam menjadi 2 jam 30 menit dan Tebing Tinggi menuju Sinaksak dari 90 menit menjadi 35 menit saja.

Pengguna jalan tol untuk tetap menyiapkan Kartu Uang Elektronik (UE) dan mengecek kecukupan saldo dikarenakan Tol Tebing Tinggi – Indrapura dan Tol Indrapura – Kisaran Seksi I (Indrapura – Lima Puluh) sudah bertarif dan secara resmi terintegrasi dengan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (MKTT) sehingga pengguna jalan tol tetap harus menggunakan satu kartu UE yang sama saat melintasi gerbang tol tersebut.

"Kami mengimbau pengguna jalan tol untuk berkendara sesuai dengan tata tertib dan ketentuan yang berlaku di jalan tol, dengan kecepatan minimum 60 km/jam dan maksimum 100 km/jam, tidak menggunakan bahu jalan kecuali dalam keadaan darurat," kata Adjib.

Volume lalu lintas (VLL) yang melintasi Jalan Tol Trans Sumatera mengalami peningkatan 101 persen pada periode H+3 dan H+4 Lebaran atau tanggal 12-13 April dibandingkan VLL normal.

Peningkatan ini mencerminkan terjadinya mobilitas dan kegiatan perjalanan arus balik Lebaran di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

Baca juga: H+3 Lebaran, lalin di Tol Trans Sumatera meningkat 107 persen
Baca juga: Hutama Karya berlakukan diskon tarif 20 persen di Tol Trans Sumatera
Baca juga: H+4 Lebaran, lalin Tol Trans Sumatera naik 113 persen dibanding normal

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024