Jakarta (ANTARA) - Volume lalu lintas (VLL) yang melintasi Jalan Tol Trans Sumatera mengalami peningkatan 101 persen pada periode H+3 dan H+4 Lebaran atau tanggal 12-13 April dibandingkan VLL normal.

"Selama arus balik Lebaran tahun 2024, PT Hutama Karya (Persero) mencatat VLL yang melintasi JTTS pada periode H+3 dan H+4 Lebaran sebanyak 275.026 kendaraan, dengan peningkatan signifikan sekitar 101 persen dari VLL Normal," ujar EVP Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Adjib Al Hakim di Jakarta, Minggu.

Peningkatan ini mencerminkan terjadinya mobilitas dan kegiatan perjalanan arus Balik Lebaran di JTTS.

Angka tersebut merupakan akumulasi dari kendaraan yang melintasi Tol Terbanggi Besar - Kayu Agung (Terpeka) sebanyak 54.000 Kendaraan atau meningkat 77 persen dari VLL normal.

Untuk kendaraan yang melintasi Tol Palembang - Prabumulih (Palindra & Inprabu) 46.201 Kendaraan atau meningkat 99 persen dari VLL normal.

Sedangkan kendaraan yang melintasi Tol Bengkulu - Taba Penanjung (Bengtaba) 7.726 kendaraan atau meningkat 176 persen dari VLL normal.

Kendaraan yang melintasi Tol Pekanbaru - Bangkinang (Pekbang) 23.560 kendaraan atau meningkat 93 persen dari VLL normal.

Kemudian kendaraan yang melintasi Tol Pekanbaru - Dumai (Permai) tercatat 38.567 kendaraan atau meningkat 25 persen dari VLL normal

Kendaraan yang melintasi Tol Indrapura - Lima Puluh (Inkis) 47.898 kendaraan atau lebih tinggi 194 persen dari VLL normal.

Kendaraan yang melintasi Tol Binjai – Tanjung Pura (Binsa) : 40.217 kendaraan atau meningkat 92 persen dari VLL normal.

Untuk kendaraan yang melintasi Tol Sigli - Banda Aceh (Seulimeum - Baitussalam) (Sibanceh) 16.953 kendaraan atau meningkat 170 persen dari VLL normal

Sementara secara terpisah untuk VLL ruas tol fungsional tambahan selama arus Balik Lebaran, yakni Tol Bangkinang – XIII Koto Kampar pada periode yang sama sebanyak total 7.953 kendaraan

Lalu Tol Indrapura – Kisaran Seksi Lima Puluh – Kisaran pada periode yang sama sebanyak total 18.858 kendaraan

Hutama Karya memprediksi puncak arus balik di JTTS akan terjadi pada malam ini, 14 April 2024. Kami akan terus menginformasikan perkembangan terkini secara berkala.

Pengguna jalan tol diimbau untuk dapat mengecek kondisi kendaraan sebelum mengemudi, memastikan kondisi prima dan tidak mengemudi dalam keadaan mengantuk.

Baca juga: Jasa Marga: Satu arah Tol Semarang--Solo dihentikan
Baca juga: Kepolisian tutup "contraflow" di Tol Japek
Baca juga: PUPR: Pansela kurangi beban Tol Trans Jawa sekaligus jadi jalur wisata

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2024