Jakarta (ANTARA) - Terminal Bus Kalideres memprediksi puncak arus balik akan terjadi pada H+4 Idul Fitri 1445 Hijriah atau Lebaran 2024 yang jatuh pada Senin ini dengan kedatangan sekitar 6.000 orang penumpang yang mayoritas berasal dari Jawa dan Sumatera.

"Iya hari ini puncak (arus balik), karena besok itu kan rata-rata masuk kerja, hari ini kan cuti bersama terakhir diperkirakan pukul 24.00 WIB nanti malam penumpang akan mencapai 6.000 orang lebih," Kepala Satuan Pelaksana Terminal Kalideres Revi Zulkarnain di Terminal Bus Kalideres, Jakarta Barat, Senin.

Revi mengatakan Terminal Bus Kalideres telah menerima kedatangan hingga 2.805 orang penumpang berdasarkan data yang dihimpun hingga pukul 14.00 WIB.

"Pukul 14.00 WIB itu penumpang tiba sudah mencapai 2.805 orang. Asal tujuan itu Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Palembang, Lampung," ujarnya.

Jumlah penumpang tiba tersebut juga mengalami lonjakan dari beberapa hari sebelumnya dengan rincian H+3 (Minggu, 14/4) dengan total kedatangan 1.489 orang penumpang, H+2 (Sabtu, 13/4) dengan kedatangan 2.147 penumpang dan H+1 (Jumat, 12/4) dengan kedatangan 516 penumpang.

Meski demikian,tidak tampak kepadatan penumpang di Terminal Bus Kalideres karena penumpang yang tiba kebanyakan langsung melanjutkan perjalanan dengan kendaraan umum atau ada yang dijemput kerabatnya.

Situasi tersebut berbeda dengan saat mudik, dengan banyaknya penumpang yang menunggu kedatangan bus di Terminal Kalideres.

Dalam kesempatan itu, Revi juga mengimbau kepada para penumpang untuk tidak turun dari bus di luar terminal demi alasan keamanan dan keselamatan penumpang.

"Kami siapkan posko pengamanan terpadu, kami kerja sama dengan kepolisian, TNI, Satpol PP juga, kemudian ada yang lain seperti Senkom, pramuka, itu membantu untuk keamanan kenyamanan penumpang di terminal. Supaya dipastikan penumpang yang melakukan arus balik juga dalam kondisi aman baik ketika di dalam terminal maupun menunggu di terminal," tuturnya.

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024