Jakarta (ANTARA) - Terminal Bus Kalideres mengatakan Dinas Perhubungan DKI Jakarta telah menjalin kerja sama dengan sejumlah stakeholder untuk menyiagakan angkutan malam hari bagi para pemilir yang tiba di Kalideres pada tengah malam dan dini hari

"Dinas Perhubungan bekerjasama dengan TransJakarta menyiapkan 15 armada amari (angkutan malam hari) yang mana TransJakarta beroperasi hingga pukul 24.00 WIB, ditambah pukul 24.00 WIB sampai 05.00 WIB pagi sebanyak 15 armada," kata Kepala Satuan Pelaksana (Kasatpel) Terminal Kalideres, Revi Zulkarnain di Terminal Bus Kalideres, Jakarta Barat, Senin.

Revi juga menambahkan Dinas Perhubungan DKI Jakarta juga menjalin kerja sama dengan operator swasta dalam penyediaan angkutan malam hari tersebut.

"Ada juga angkutan dalam kota seperti Mayasari Bakti, angkot dengan tujuan seperti Tangerang, Kampung Rambutan, Bekasi, Cikarang," ujarnya.

Lebih lanjut Revi menerangkan penyediaan angkutan malam hari tersebut berdasarkan data terminal yang menunjukkan masih banyak pemilir yang tiba di Terminal Kalideres pada dini hari.

Dia juga menambahkan terjadinya kepadatan arus lalu lintas di jalan tol menuju Jakarta dan di Pelabuhan Bakauheni dan Pelabuhan Merak, membuat keberadaan angkutan malam hari menjadi penting bagi pemilir yang tiba di Terminal Bus Kalideres.

"Kalau jam normal (kedatangan pemilir) itu adalah jam 02.00 WIB dini hari datang sampai dini hari, tapi karena hari ini ada kepadatan Tol Cipali, Cikampek, dan dari Lampung sampai dengan Merak memang kedatangan agak terlambat, tapi dari pagi sudah berlangsung kedatangan sampai malam hari untuk kedatangan tetap tinggi," kata Revi.

Revi juga memprediksi H+4 Idul Fitri 1445 Hijriah atau Lebaran 2024 akan menjadi puncak arus balik dengan perkiraan kedatangan lebih dari 6.000 penumpang di Terminal Bus Kalideres.

"Iya hari ini puncak (arus balik), karena besok itu kan rata-rata masuk kerja, hari ini kan cuti bersama terakhir diperkirakan pukul 24.00 WIB nanti malam, penumpang akan mencapai 6.000 orang lebih," tuturnya.

Dia mengungkapkan Terminal Bus Kalideres telah menerima kedatangan hingga 2.805 penumpang berdasarkan data yang dihimpun hingga pukul 14.00 WIB.

Jumlah penumpang tiba tersebut juga mengalami lonjakan dari beberapa hari sebelumnya dengan rincian H+3 (14/4) dengan total kedatangan 1.489 penumpang, H+2 (13/4) dengan kedatangan 2.147 penumpang dan H+1 (12/4) dengan kedatangan 516 penumpang.

Baca juga: Terminal Kalideres prediksi kedatangan 6.000 penumpang pada H+4

Baca juga: Minggu, penumpang tiba di Terminal Kalideres bisa tembus 3.500 orang

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2024