Jakarta (ANTARA) -
Pihak Terminal Kalideres memperkirakan jumlah penumpang di terminal tersebut pada H-1 Lebaran atau 9 April 2024 hingga pukul 24.00 WIB mencapai 2.000 orang.
 
"Jumlah penumpang hari ini, Selasa tanggal 9 April 2024 atau H-1 Lebaran itu diperkirakan sampai nanti pukul 24.00 WIB dapat mencapai 2.000 orang," kata Kepala Terminal Kalideres Revi Zulkarnaen kepada ANTARA di Terminal Kalideres, Jakarta Barat, Selasa.
 
Selain itu pihak Terminal Kalideres juga memperkirakan 150 bus bakal mengangkut pemudik hari ini dengan tiga tujuan terbanyak yakni Jawa Tengah, Padang (Sumatera Barat) dan Palembang (Sumatera Selatan).

Baca juga: Terminal Kalideres berangkatkan 4.000 lebih penumpang pada H-2 Lebaran
 
Sebelumnya puncak mudik di Terminal Kalideres telah terjadi pada H-3 Lebaran atau Minggu (7/4) dengan jumlah pemudik mencapai 6.511 orang. Para pemudik itu diberangkatkan dengan 326 bus. Apabila dibandingkan dengan Lebaran pada tahun 2023, Revi mengungkapkan terjadi kenaikan jumlah pemudik.
 
Pada tahun 2023, kata dia, puncak mudik terjadi pada H-3 Lebaran dengan total 5.655 pemudik.
 
"Pada tahun ini ada peningkatan cukup signifikan pada Minggu kemarin sebanyak 6.511 orang. Namun hari sebelumnya, jumlahnya sama dengan puncak mudik Lebaran 2023, itu 5.655 orang," ujar Revi.

Baca juga: Terminal Kalideres siagakan tiga posko untuk amankan mudik
 
Terkait dengan keamanan, Revi menyampaikan personel gabungan di posko pengamanan terpadu hingga hari ini belum menerima satu pun aduan dari pemudik terkait permasalahan keamanan.
 
"Alhamdulillah, sampai saat ini kami belum menerima pengaduan terjadi tindak pidana atau yang lain yang mengganggu atau merugikan penumpang. Tadi saya juga cek, masih kosong," ujarnya.
 
Lebih jauh ia mengatakan pihak Terminal Kalideres berkomitmen untuk memastikan kesehatan pengemudi bus dengan melakukan pemeriksaan kesehatan dan pemeriksaan urine melalui kerja sama dengan BNN Provinsi DKI Jakarta.

Baca juga: TransJakarta tambah operasional di Terminal Kalideres selama mudik

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024