Padang (ANTARA News) - Lembaga Survei Indonesia menyatakan bahwa berdasarkan surveinya baru-baru ini, sejumlah tokoh alternatif berpeluang menjadi calon presiden 2014, selain sosok-sosok yang selama ini sudah dikenal publik secara luas.

Sejumlah tokoh yang diunggulkan menjadi calon presiden alternatif berdasarkan survei tersebut yaitu Mahfud MD, Jusuf Kalla, Dahlan Iskan, Sri Mulyani, Hidayat Nur Wahid dan Agus Martowardoyo, kata Koordinator Wilayah III LSI Sumbar, Riau, Jambi, dan Kepulauan Riau, Edi Indrizal, di Padang Selasa.

Menurut dia, survei opinion leader tersebut diselenggarakan pada Juli hingga November melibatkan 200 responden dan 24 diantaranya memberikan penilaian.

Berbeda dengan survei pada umumnya, dalam pengumpulan data dilakukan dengan menggali pendapat dari kalangan terbatas terutama elit yang memiliki informasi yang memadai.

Responden yang diminta pendapat dalam survei tersebut mulai dari pemimpin redaksi media masa, ketua partai politik hingga tokoh yang sering muncul dimedia, kata dia.

Survei dilaksanakan atas kerja sama LSI, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Andalas serta Majalah Indonesia 2014.

Ia mengatakan dalam survei opinion leader yang paling dikedepankan adalah integritas, sementara pada survei publik lebih melihat tingkat penerimaan di masyarakat.

Tetapi dalam survei opinion leader memiliki kecenderungan yang sama dengan survei publik.

Kendati muncul calon presiden alternatif tersebut, lanjut dia, siapa yang akan terpilih sangat tergantung kecerdasan masyarakat dalam menentukan pilihan.

(ANTARA)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2012