Layanan informasi Lebaran silahkan akses melalui https://linktr.ee/DiskominfotikSumbar
Padang (ANTARA) - Dinas Komunikasi dan Informatika Sumatera Barat menyiapkan aplikasi layanan informasi lebaran yang bisa dipedomani oleh pemudik dan wisatawan yang berlibur ke daerah itu pada lebaran 2023/1444 Hijriah.

"Layanan informasi Lebaran silahkan akses melalui https://linktr.ee/DiskominfotikSumbar," kata Kepala Dinas Diskominfotik Sumbar, Siti Aisyah di Padang, Ahad.

Menurutnya dalam aplikasi itu semua informasi yang dibutuhkan wisatawan sudah tersedia dengan lengkap sehingga bisa menjadi pedoman selama liburan di Sumbar.

Beberapa informasi yang disajikan diantaranya layanan pengaduan, informasi cuaca di Sumbar, panduan pariwisata, info nomor penting, info nomor pemadam kebakaran.

Kemudian informasi kios Pertamina siaga, jalur alternatif yang bisa dilewati, nomor koordinator posko, posko lebaran, informasi Rumah Sakit terdekat, ATM dan CCTV.

Selain itu Diskominfotik Sumbar juga menyiapkan nomor pengaduan melalui aplikasi WhatsApp yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Nomor yang disiapkan itu, 0816107788.

"Kita berharap aplikasi ini bisa membantu masyarakat, pemudik dan wisatawan yang datang ke Sumbar pada libur lebaran 2023," kata Siti Aisyah.

Sebelumnya Gubernur Sumbar, Mahyeldi mengatakan jumlah pemudik dan wisatawan yang datang ke Sumbar pada libur lebaran 2023/1444 hijriah diperkirakan meningkat signifikan hingga empat kali lipat dari tahun lalu.

Karena itu Pemprov Sumbar bersama kabupaten dan kota menyiapkan sejumlah kebijakan untuk memberikan kenyamanan selama periode tersebut.

Salah satu kebijakan yang baru pertama kali dilakukan adalah sistem one way atau satu arah pada jalur Padang-Bukittinggi dan sebaliknya.

Kebijakan itu diambil karena jalur tersebut menjadi salah satu titik kemacetan parah setiap kali libur Lebaran, demikian Mahyeldi.

Baca juga: Angkasa Pura perkirakan 20 persen kenaikan jumlah pemudik ke Sumbar

Baca juga: DPRD ingatkan titik macet Sumbar bukan hanya jalur Padang-Bukittinggi

Baca juga: Ombudsman soroti ada pemkab di Sumbar belum antisipasi macet Lebaran

Baca juga: BPBD Agam dirikan posko penanggulangan bencana selama mudik lebaran

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023