Jakarta (ANTARA) - Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta mencatat sebanyak 9.705 penumpang yang berangkat dari pelabuhan tersebut menuju ke berbagai tujuan dalam wilayah Indonesia sejak 7 April hingga 16 April 2023.

"Angka itu naik 99,57 persen pada periode yang sama di tahun 2022 yakni 4.863 penumpang," kata perwakilan Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta Gita Andreswari di Jakarta, Minggu.

Para penumpang tersebut merupakan pemudik Lebaran 2023, yang menuju kampung halamannya. Mereka yang tercatat berangkat dengan menggunakan 19 kapal.

Khusus tanggal 15 April 2023 atau H-7 sebelum lebaran, kata Andreswari, tercatat 3.526 penumpang yang berangkat dari pelabuhan Tanjung Priok.

Mereka memanfaatkan dua kapal milik PT. Perusahaan Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni), yakni KM Dobonsolo untuk program mudik gratis dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta menuju Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Jawa Tengah.

Di hari yang sama diberangkatkan pula KM Gunung Dempo dengan tujuan Surabaya (Jawa Timur), Makassar (Sulawesi Selatan), Baubau (Sulawesi Tenggara), Sorong (Papua Barat Daya), Manokwari dan Wasior (Papua Barat), Nabire (Papua Tengah) dan Jayapura (Papua).

"Program mudik gratis dengan KM Dobonsolo, Sabtu (14/4) mengangkut 1.145 penumpang dan 479 motor," katanya.

Kemudian, pada Minggu (16/4) malam pukul 22.00 WIB dijadwalkan KM Dorolonda berangkat dari Pelabuhan Tanjung Priok dengan tujuan Pelabuhan Kijang (Kalimantan Barat), Pelabuhan Batam (Kepulauan Riau) berakhir di Pelabuhan Belawan (Sumatera Utara).
 

Pewarta: Fauzi
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2023