Jakarta (ANTARA) - Kapal latih Bung Tomo milik Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Surabaya ikut berpartisipasi dalam mengangkut pemudik secara gratis dari Pelabuhan Penyeberangan Jangkar, Situbondo, menuju Pulau Sapudi Madura, Jawa Timur.

"Keberadaan kapal ini dimaksudkan mengingat meningkatnya animo masyarakat di daerah tersebut untuk melaksanakan mudik lebaran di setiap tahunnya," kata Direktur Politeknik Pelayaran Surabaya, Heru Widada dalam keterangan di Jakarta, Minggu.

Dikatakan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat memimpin rapat kesiapan angkutan lebaran di Kantor Otoritas Bandara Juanda Surabaya beberapa waktu lalu menginstruksikan agar Kapal Latih Bung Tomo turut berperan aktif dalam membawa penumpang pada angkutan lebaran tahun 2023.

Widada mengatakan bantuan kapal latih untuk mengangkut para pemudik di Pelabuhan Jangkar ini merupakan bentuk sinergitas antara Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Perhubungan yang diwakili oleh Poltekpel Surabaya dengan Dirjen Perhubungan Laut yang diwakili KSOP Kelas IV Panarukan Situbondo dalam mengantisipasi lonjakan pemudik.

Kapal Latih Bung Tomo milik Poltekpel Surabaya ini dihadirkan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang yang ada di Pelabuhan Penyeberangan Jangkar menuju Pulau Sapudi Madura, dimana Pelabuhan Jangkar merupakan Pelabuhan strategis dalam mengkoneksikan pulau-pulau di Madura.

Kapal Latih Bung Tomo Poltekpel Surabaya diharapkan dapat mengurai lonjakan penumpang pada masa angkutan lebaran 1444 H atau tahun 2023 di Pelabuhan Penyeberangan Jangkar.

Tepat pukul 11.12 WIB Minggu (16/04) siang, Kapal Latih Bung Tomo Poltekpel Surabaya mulai berlayar melayani sebanyak 144 penumpang dari Pelabuhan Jangkar Situbondo menuju Pelabuhan Sapudi Madura. Seluruh penumpang tidak dipungut biaya apapun dalam pelayaran menggunakan Kapal Latih Bung Tomo Poltekpel Surabaya ini.

Heru Widada, mengatakan bahwa kehadiran Kapal Latih Bung Tomo dalam angkutan lebaran gratis 2023 ini merupakan salah satu wujud pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi Poltekpel Surabaya dengan melakukan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk pelayanan angkutan mudik lebaran gratis.

Beliau berharap perjalanan mudik dengan Kapal Latih Bung Tomo ini bisa berlangsung aman, nyaman dan tiba di tempat tujuan dengan selamat serta berkesan. Selain mudik gratis, para penumpang yang menaiki Kapal Latijh Bung Tomo juga dapat menikmati berbagai fasilitas dan program kegiatan yang sudah disiapkan Poltekpel Surabaya selama berlayar.

“Kami memiliki program Sosialisasi tentang Politeknik Pelayaran Surabaya dan Seleksi Penerimaan Calon Taruna (SIPENCATAR) Poltekpel Surabaya serta program lainnya yang akan disosialisasikan di pondok pondok pesantren maupun masyarakat umum,” kata Heru Widada.

Baca juga: Pemudik apresiasi program mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut
Baca juga: PDI Perjuangan sediakan 178 bus gratis untuk mudik Lebaran 2023
Baca juga: Menhub: Saya diperintahkan Presiden Jokowi sediakan mudik gratis

 

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023