Jakarta (ANTARA) - Ragam peristiwa politik mewarnai pemberitaan nasional, Minggu (16/4) kemarin mulai dari Presiden Joko Widodo ke Jerman hingga Megawati disebut sebagai penentu capres 2024.

Berikut lima berita politik menarik kemarin yang dirangkum ANTARA:

1. Presiden Jokowi dan Ibu Negara tiba di Hannover Jerman

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo tiba di Bandara Hannover, Jerman, Sabtu, sekitar pukul 20.25 waktu setempat, untuk menghadiri pameran industri manufaktur Hannover Messe 2023, dan pertemuan bilateral dengan Kanselir Jerman Olaf Scholz.

Presiden Jokowi tiba Bandara Hannover setelah menempuh penerbangan selama kurang lebih 15 jam menggunakan pesawat Garuda Indonesia GIA-1, sebagaimana keterangan resmi Sekretariat Presiden diterima di Jakarta, Minggu pagi.

Selengkapnya di sini

2. Jokowi akan lakukan pertemuan bilateral dengan Kanselir Jerman

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan menghadiri pameran industri manufaktur Hannover Messe 2023 dan melakukan pertemuan bilateral dengan Kanselir Jerman Olaf Scholz pada hari kedua kunjungannya di Hannover, Jerman, Minggu.

Berdasarkan siaran pers Sekretariat Presiden diterima di Jakarta, Presiden Jokowi mengawali hari kedua kunjungannya di Hannover dengan berjalan pagi dan menyapa masyarakat Indonesia di sekitar hotel tempatnya bermalam.

Selengkapnya di sini

3. Wakil Ketua MPR ingatkan pentingnya keamanan untuk mudik lebaran 2023

Wakil Ketua MPR Sjarifuddin Hasan menekankan pentingnya keamanan, kenyamanan, dan kesehatan untuk para pemudik demi merayakan Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah di kampung halaman.

"Kalau semua itu bisa dilakukan, Insya Allah, mudik pada tahun ini akan berjalan lancar," kata Syarief Hasan, sapaan Sjarifuddin Hasan, dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Minggu.

Selengkapnya di sini

4. Menhan minta Kopassus setia jaga Indonesia pada HUT Ke-71

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto meminta Komando Pasukan Khusus (Kopassus) untuk tetap semangat, siap, setia, dan berani dalam menjaga Indonesia.

"Terus semangat, siap, setia, berani di manapun Anda bertugas. Jaga Indonesia agar Indonesia kuat, adil, dan makmur. Dan Indonesia terus maju, berani, benar, berhasil," ujar Prabowo dalam video ucapan Selamat Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-71 Kopassus, yang diterima ANTARA di Jakarta, Minggu, .

Selengkapnya di sini

5. Sekjen PDIP sebut Megawati tentukan capres di Pilpres 2024

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan Hasto Kristiyano mengatakan bahwa Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) nantinya akan banyak berperan dalam menentukan calon presiden (Capres) yang diusung partai tersebut di Pemilu Presiden (Pilpres) 2024.

"Nantinya Ibu Megawati Soekarnoputri akan memimpin secara langsung. Tentu saja juga bekerja sama dengan Bapak Jokowi mengingat beliau berasal dari PDI Perjuangan," kata Hasto di Sekolah Partai PDIP, Jakarta, Sabtu malam.

Selengkapnya di sini

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2023