Polres Boyolali melakukan patroli gabungan di jalan tol wilayah Boyolali baik di jalur A maupun jalur B untuk mengantisipasi adanya kecelakaan lalu lintas
Boyolali (ANTARA) - Polres Boyolali bersama Patroli Jalan Raya Polda Jawa Tengah (Jateng) dan pengelola jalan tol meningkatkan patroli di jalan tol wilayahnya, baik jalur A maupun B  seiring arus mudik Lebaran 2023 dan pasca-kecelakaan lalu lintas beruntun yang menewaskan delapan jiwa.

"Polres Boyolali melakukan patroli gabungan di jalan tol wilayah Boyolali baik di jalur A maupun jalur B untuk mengantisipasi adanya kecelakaan lalu lintas," kata Kepala Polres Boyolali AKBP Petrus P Silalahi di Boyolali, Senin.

Petugas pada kegiatan patroli yang ditingkatkan tersebut, kata dia, masih menemukan puluhan pengguna jalan tol atau pengendara yang berhenti di bahu jalan Petugas kemudian melakukan edukasi dan imbauan agar tidak menggunakan bahu jalan tol untuk istirahat. Jika ingin istirahat dipersilahkan untuk beristirahat di rest area terdekat atau keluar dari jalan tol. 

Menurut dia, patroli dilakukan pada jam-jam mata mengantuk, seperti kejadian kemarin lakalantas antara pukul 03.00 WIB - 04.00 WIB, kemudian antara pukul 15.00 WIB - 16.00 WIB. Pengemudi pada jam-jam itu, menurutnya, rawan mata lelah.

Baca juga: Kementerian PUPR minta operator tol tingkatkan pengawasan dan patroli
Baca juga: Jasa Marga uji coba patroli udara pantau lalin tol selama Idul Fitri


Dia mengimbau kepada pemudik untuk mempersiapkan dengan baik kendaraan serta mengecek kelengkapan surat-surat. Selain itu juga menyiapkan fisik dan kesehatan dengan baik serta perhatikan batas maksimum kecepatan kendaraan.

Jika merasa lelah, lanjutnya, beristirahat di tempat yang telah disediakan. Jangan menggunakan bahu jalan tol. Jika masih jauh dari rest area silahkan keluar dulu dari jalan tol mencari tempat istirahat dan setelah kondisi baik bisa kembali ke jalan tol untuk melanjutkan perjalanan.

Sebelumnya peristiwa kecelakaan lalu lintas terjadi dalam dua hari berturut-turut, Jumat (14/4) dan Sabtu (15/4), di Jalan Tol Semarang-Solo di wilayah Boyolali.

Peristiwa kecelakaan pada Jumat (14/4) pagi melibatkan delapan kendaraan dan ada 21 korban masing-masing delapan orang meninggal dunia dan 13 orang lainnya luka-luka. Sedangkan kecelakaan terjadi pada Sabtu (15/4) sore melibatkan dua kendaraan dan ada lima orang korban masing-masing tiga orang meninggal dunia, satu orang luka-luka, dan satu lainnya tidak mengalami luka. 

Baca juga: Delapan korban meninggal kecelakaan di tol Boyolali teridentifikasi
Baca juga: Korban meninggal kecelakaan beruntun di Tol Boyolali bertambah dua

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023