Purwokerto (ANTARA) - Kepala Kepolisian Resor Kota Banyumas Komisaris Besar Polisi Edy Suranta Sitepu mengimbau para pemudik untuk tidak memaksakan diri berkendara jika kondisi fisik capek atau kelelahan saat perjalanan mudik Lebaran 2023.

"Jangan dipaksakan untuk berkendaraan, beristirahatlah di rest area (tempat peristirahatan, red.) yang sudah disediakan," kata Kapolresta di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Senin.

Kapolresta mengatakan hal itu saat memberi keterangan pers usai Apel Gelar Pasukan Dalam Rangka Operasi Ketupat Candi 2023 yang digelar di area parkir Gelanggang Olahraga Satria Purwokerto.

Menurut dia, pemudik dapat memanfaatkan tempat peristirahatan yang disediakan di markas polsek maupun koramil yang ada di sepanjang jalur mudik.

Kapolresta mengharapkan upaya tersebut dapat menekan terjadinya kasus kecelakaan lalu lintas selama arus mudik dan balik Lebaran.

"Kami bersama TNI berusaha untuk mewujudkan mudik yang aman dan berkesan," tegasnya.

Oleh karena itu, dia mengimbau pemudik untuk selalu berhati-hati di jalan dan memperhatikan rambu-rambu lalu lintas karena kedatangan mereka sangat dinanti oleh keluarga di rumah.

Mengenai kegiatan Operasi Ketupat Candi 2023, Kombes Edy mengatakan Polresta Banyumas mendirikan sebanyak 14 pos yang terdiri atas satu pos terpadu, dua pos pelayanan, dan 11 pos pengamanan.

"Kami menerjunkan 580 orang personel dibantu teman-teman TNI sebanyak 60 personel, Dishub 30 personel, Satpol PP 30 personel, belum lagi dari Pramuka, sehingga semua personel yang ditugaskan akan mengisi pos-pos pengamanan," jelasnya.

Sementara itu, Bupati Banyumas Achmad Husein dalam kesempatan itu melakukan pengecekan seluruh pasukan yang akan dilibatkan dalam pengamanan Lebaran 2023 berikut peralatan pendukungnya.

"Peralatannya juga sudah siap semua sehingga Banyumas siap untuk menyambut Lebaran 2023," katanya.

Dalam kesempatan terpisah, Kepala Satuan Lalu Lintas Polresta Banyumas Komisaris Polisi Bobby Anugrah Rachman mengatakan sebanyak 22 personel yang terdiri atas 12 personel Satlantas dan 10 personel Satsamapta telah disiapkan sebagai tim bergerak (mobile) di titik-titik rawan, baik jalur tengah maupun jalur selatan.

Selain itu, Satlantas Polresta Banyumas telah memasang barikade di sejumlah persimpangan jalan yang rawan macet, seperti Simpang Kaliori dan Simpang Patikraja.

Menurut Bobby, arus mudik dari arah Jakarta yang melintas di wilayah Banyumas pada Senin ini sudah mulai mengalami peningkatan, namun belum signifikan.

"Sampai saat ini masih berkisar 3.000 hingga 4.000 kendaraan, masih normal. Puncaknya kalau tahun kemarin pada H-2 Lebaran mencapai 50.000 kendaraan yang masuk lewat Ajibarang," katanya.

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2023