Jakarta (ANTARA) -
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mendapatkan 13 bus tambahan dari Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta untuk program mudik gratis karena meningkatnya jumlah warga yang mengikuti program tersebut.

"Alhamdulillah dari BUMD DKI Jakarta telah berkenan untuk membantu dengan menyampaikan CSR dalam bentuk bus," ujar Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Senin.

Dia menyebutkan, sebanyak 13 bus tambahan berasal dari Bank DKI sebanyak 5 bus, PT MRT (2 bus), PT TransJakarta (5 bus) dan PT LRT Jakarta sebanyak satu bus.

Menurut Syafrin, jumlah peminat mudik gratis Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI tahun ini meningkat 25,3 persen dari target.

Baca juga: Sebanyak 13.541 peserta mudik gratis Pemprov DKI berangkat dari Monas
 
Berdasarkan hasil verifikasi dan klarifikasi, tercatat sebanyak 28.506 pendaftar dari target yang ditetapkan sebanyak 19.280 penumpang.
 
"Animo masyarakat untuk mudik tahun ini sangat tinggi. Oleh sebab itu, dari hasil klarifikasi, terdapat total 24.164 penumpang yang mudik atau meningkat 25,3 persen dari target," kata Syafrin.
 
Sebagian pemudik lainnya, kata Syafrin, sudah mendaftar ke mudik gratis lain seperti Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Kementerian BUMN dan penyelenggara mudik gratis lainnya.
 
Selain itu, Syafrin mengatakan, pihaknya telah melepaskan truk untuk mengangkut sepeda motor pada Minggu (16/4).
 
"Untuk arus balik angkutan lebaran gratis tahun 2023, untuk truk akan dilepas pada 27 April 2023 dan bus akan dilepas pada 28 April 2023 dari 19 kota di 6 provinsi," kata Syafrin.

Baca juga: Heru lepas 284 bus program mudik gratis
 
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melepas keberangkatan 284 unit bus dengan jumlah penumpang 13.541 tujuan sejumlah provinsi. Pemberangkatan dilakukan dari kawasan Monas, Jakarta Pusat.
 
"Jumlah penumpang pada arus mudik hari ini dilepas sebanyak 284 bus dengan jumlah penumpang 13.451," kata Syafrin.
 
Sedangkan pada arus balik, jumlah penumpang yang ditargetkan untuk kembali ke Jakarta sebanyak 10.624 dengan 216 unit bus.
Baca juga: Polda Metro dan Pemprov DKI cek kesehatan pengemudi bus mudik gratis

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023