Tasikmalaya (ANTARA) - Kepolisian Resor Tasikmalaya Kota mengingatkan para pemudik yang menggunakan sepeda motor maupun mobil untuk berhati-hati saat melintasi jalur Gentong, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, karena kawasan tersebut rawan terjadi kecelakaan lalu lintas.

"Silakan istirahat karena kami sudah memiliki banyak pos pengamanan. Itu memang diperuntukkan masyarakat yang berkendara," kata Kepala Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Tasikmalaya Kota Ajun Komisaris Polisi Tejo Reno Indratno saat dihubungi di Tasikmalaya, Senin.

Tejo menuturkan Kepolisian Resor Tasikmalaya Kota sudah menyiapkan pos dan personel untuk memberikan pengamanan dan pengaturan pada setiap titik jalur mudik nasional di Kabupaten Tasikmalaya.

Jalur mudik yang perlu diwaspadai para pengendara adalah wilayah Gentong, Kecamatan Kadipaten, karena termasuk salah satu kawasan rawan terjadi kecelakaan lalu lintas.

"Kami sudah lakukan juga pengamanan sejak Jumat (14/4) untuk pra-Operasi Ketupat, khususnya di Jalur Gentong," katanya.

Kasatlantas menyampaikan sejak Operasi Ketupat 2023 dilaporkan telah terjadi kecelakaan beruntun melibatkan tiga kendaraan di jalur Gentong pada Minggu (16/4), yang mengakibatkan sejumlah pemudik pengendara sepeda motor terluka.

Kecelakaan itu bermula saat kendaraan sepeda motor melaju dari arah Garut menuju Tasikmalaya yang diduga keluar jalur sehingga terjadi tabrakan dengan kendaraan truk tronton dari arah berlawanan.

Insiden itu membuat kendaraan lainnya menabrak bagian belakang truk sehingga mengakibatkan kerusakan, namun tidak sampai ada korban jiwa, hanya kerugian materi.

Menurut Tejo, kejadian kecelakaan lalu lintas itu menjadi perhatian semua pihak, terutama pengguna jalan agar selalu waspada dan berhati-hati saat berkendara.

"Dengan adanya kecelakaan ini, kami imbau pengendara siapkan kondisi fisik, kendaraan, dan ikuti aturan lalu lintas, apabila lelah, jangan memaksakan diri," katanya.

Kasatlantas menambahkan volume kendaraan H-5 Lebaran masih normal dan belum ada peningkatan signifikan. "Untuk arus mudik, dilihat dari volume belum ada peningkatan berarti," katanya.

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2023